Sukses

Agun Tak Masuk Pengurus Golkar, Ini Saran untuk Airlangga

Partai Golkar dinilai bakal merugi lantaran tidak memasang Agung Gunandjar Sudarsa sebagai salah satu pengurus

Liputan6.com, Jakarta - Partai Golkardinilai bakal merugi lantaran tidak memasang Agung Gunandjar Sudarsa sebagai salah satu pengurus. Padahal, legislator Golkar itu merupakan kader yang getol dalam membina pemilih di wilayah Jawa Barat yang dikenal sebagai provinsi yang menentukan di pemilu.

Menurut Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago, pembentukan kepengurusan memang menjadi kewenangan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. Dalam pandangan Pangi, ketua umum Partai Golkar pengganti Setya Novanto itu terkesan mau merampingkan kepengurusan. 

Namun, Pangi menganggap Airlangga telah mengesampingkan peran Agun sebagai kader Golkar yang telah menunjukkan kecakapan dan dedikasinya.  “Agun ini punya kapasitas, jam terbang politik dan organisasi ini dia tak usah diragukan,” ujar Pangi, Rabu (24/1/2018).

Dosen di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta itu menambahkan, Airlangga baiknya mempertimbangkan nama Agun untuk masuk dalam kepengurusan. Setidaknya, ada posisi yang bisa dipakai Agun untuk menambah dukungan bagi Golkar.

“Agun menurut saya mestinya dipertimbangkan di berbabgai posisi. Bisa ditugaskan di partai atau jabatan publik. Mestinya diberikan dia di salah satu. Bisa di partai atau di jabatan publik,” tegasnya.

Lebih lanjut Ipang, sapaan Pangi, mengatakan, Agun sebenarnya sosok bagus yang bisa dipakai untuk terus membesarkan Golkar di Jawa Barat. Terlebih, kiprah Agun untul Golkar di Jabar sudah terbukti. 

“Golkar diperhitungkan sampai saat ini salah satunya karena peran Kang Agun juga. Dia punya nama baik di Jawa Barat dan membantu insentif elektoral. Kalau tak ada tokoh-tokoh seperti Agun di Jabar, belum tentu bisa Golkar seperti saat ini,” ulasnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kaji Ulang

Karena itu Pangi menegaskan, Airlangga baiknya mengkaji ulang kepengurusan Golkar yang telah diumumkan. Sebab, tak semestinya kader dadakan bisa jadi pengurus, sementara senior yang sudah berjasa justru diaingkirkan. 

“Mereka senior yang punya kapasitas, mestinya ditempatkan di pos selayaknya. Jangan sampai didiamkan seakan dibuang. Karena mereka aset Golkar dan harus di-maintenance,” ucap Pangi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.