Sukses

Terdampak Gempa, Aktivitas di RSCM Tetap Kondusif

Sejumlah wilayah di Ibu Kota terdampak gempa berkekuatan 6,1 skala richter (SR) yang berpusat di Lebak, Banten,

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah wilayah di Jakarta terdampak gempa berkekuatan 6,1 skala Richter (SR) yang berpusat di Lebak, Banten, Selasa (23/1/2018) sekitar pukul 13.35 WIB. Salah satu yang terkena dampak gempa adalah Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat.

Beberapa dokter, pegawai rumah sakit, dan keluarga pasien sempat berhamburan saat gempa berlangsung. Namun, pasien tidak sampai dievakuasi ke luar gedung.

"Lumayan berasa tadi gempanya. Tapi enggak ada pasien yang dibawa ke luar gedung," ujar salah satu pegawai RSCM, Aris, saat berbincang dengan Liputan6.com.

Aris mengakui, beberapa pegawai dan keluarga pasien panik saat gempa ikut mengguncang kawasan RSCM. Mereka berhamburan keluar gedung untuk menghindari kemungkinan tertimpa reruntuhan.

"Memang lumayan banyak. Tapi ada juga tadi yang enggak ngerasain cuma ikut-ikutan keluar aja," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pilih Bertahan

Beberapa orang memilih bertahan berada di luar ruangan sekitar 15 hingga 20 menit. Mereka mengantisipasi adanya gempa susulan. Setelah dipastikan aman, mereka kembali masuk dan beraktivitas seperti semula.

Eko, salah satu petugas memastikan aktivitas di RSCM berlangsung kondusif dan normal seperti biasa. Memang lokasi tersebut ikut terdampak gempa, namun tidak ada kerusakan yang ditimbulkan dari fenomena alam tersebut.

"Berasa, terdampak gempa juga di sini. Tapi sudah selesai. Aman semua. Aktivitas juga sudah normal kembali," ucap dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa magnitudo 5,5 mengguncang Banten, Jumat (4/2/2022). Lindu terjadi pada pukul 17.10 WIB.
    Gempa magnitudo 5,5 mengguncang Banten, Jumat (4/2/2022). Lindu terjadi pada pukul 17.10 WIB.

    Gempa Banten

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Jakarta