Sukses

Formasi CPNS 2018 Pertimbangkan Jumlah Pegawai Pensiun

Menurut Asman, tahun ini ada sekitar 220 ribu PNS yang akan pensiun.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur mengungkapkan pihaknya sedang menghitung kebutuhan jumlah CPNS 2018.

Jumlah tersebut akan mempertimbangkan total pegawai negeri sipil (PNS) yang akan pensiun pada tahun ini.

"Sekarang lagi kita hitung karena untuk kementerian dan lembaga banyak (yang akan) pensiun juga," ujar Asman usai menghadiri orientasi CPNS Kementerian Hukum dan HAM di Balai Kartini Jakarta, Senin, 22 Januari 2018.

Menurut Asman, tahun ini ada sekitar 220 ribu PNS yang akan pensiun. Dari catatan penerimaan CPNS sebelumnya, jumlah pegawai yang akan diterima minimum setengah dari total pegawai yang pensiun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berpatokan Jumlah Pensiun

Akan tetapi, lanjut Asman, tidak menutup kemungkinan jumlah formasi CPNS yang akan diterima berjumlah sama dengan total pegawai yang pensiun.

"Kita biasanya akan mengisi minimum 50 persen atau sama dengan jumlah yang pensiun artinya zero gross. Tapi, kita berusaha minus gross. Nah sehingga nanti jumlah pegawai yang diterima itu salah satu patokannya itu jumlah yang pensiun," ucap politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Saat ini pihaknya masih terus menghitung kebutuhan CPNS di nasional maupun di daerah. "Ini lagi kita hitung masing-masing kementerian, lembaga, maupun pemerintah daerah," imbuh dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.