Disnaker Gerebek Penampungan TKI Tak Layak di Duren Sawit

Oleh Rinaldo pada 19 Jan 2018, 14:36 WIB
Diperbarui 19 Jan 2018, 14:36 WIB

Patroli, Jakarta - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi bersama Bareskrim Polri, Kamis malam menggerebek Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLKN) di Duren Sawit, Jakarta. Tim menemukan hampir 100 orang calon asisten rumah tangga ilegal yang mayoritas akan diberangkatkan ke Timur Tengah.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Jumat (19/1/2018), 98 wanita di penampungan BLKN rencananya akan diberangkatkan ke luar negeri sebagai tenaga kerja indonesia (TKI) ilegal bila saja petugas gabungan telat menggerebek BLKN.

Sebanyak 81 wanita di BLKN Duren Sawit, Jakarta, akan dikirim ke wilayah Timur Tengah sebagai asisten rumah tangga pribadi. Padahal, hal tersebut melanggar peraturan moratorium TKI ke Timur Tengah.

“Sampai saat ini melalui Kemenaker 260 Tahun 2015 ada dilarang untuk menempatkan tenaga kerja Indonesia atau asisten rumah tangga ke Timur Tengah,” kata Kabsudit Perlindungan TKI Kemenaker.

Setelah didata, rencanananya para calon pekerja akan dipulangkan ke daerah asal masing-masing. Sementara itu, aparat masih menelusuri agen penyalur yang diduga menjadi bagian sindikat perdagangan manusia.