Penculik Anak 5 Tahun di Surabaya Dibekuk Polisi

Oleh Rinaldo pada 19 Jan 2018, 13:46 WIB

Patroli, Surabaya - Berhati-hatilah menerima tawaran bantuan apalagi dari orang yang baru dikenal. Seorang ibu di Surabaya, Jawa Timur, kehilangan seorang putrinya saat sibuk mengurus asuransi. Korban diculik seorang pria yang sebelumnya menawarkan bantuan pada ibu korban yang terlihat kewalahan dengan anak-anaknya.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Jumat (19/1/2018), rekaman CCTV memperlihatkan saat penculik berpura-pura membantu seorang ibu dengan menggendong salah satu anak sang ibu. Saat itu, mereka baru saja turun dari bus di Jalan dr. Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa (16/1/2018) lalu.

Berbekal CCTV dan selebaran foto korban yang disebar polisi, penculik akhirnya tertangkap pada Kamis (18/1/2018) siang kemarin. Kemudian pelaku langsung dibawa ke Polrestabes Surabaya. Sedangkan anak perempuan yang diculiknya kembali dalam kondisi selamat ke pelukan keluarga.

Penculikan berawal dari perkenalan ibu korban dengan pelaku di dalam bus. Ketika turun dari bus, pelaku menawarkan bantuan dengan menggendong korban sedangkan ibu korban menggendong adik korban.

Di tempat pengurusan asuransi, sang ibu langsung sibuk mengurus administrasi hingga tak memperhatikan keberadaan putrinya yang berusia lima tahun. Begitu tersadar, dia tak dapat menemukan putrinya.

Sejumlah saksi menyatakan melihat korban dibawa pergi pria yang sebelumnya terlihat menggendong korban. Peristiwa tersebut langsung dilaporkan ke polisi.

Kepada polisi, tersangka yang ditangkap di tempat kostnya di Jalan Karangan, Surabaya, mengaku nekat menculik karena teringat anak kandungnya. Tersangka tidak boleh menemui anak yang dibawa mantan istrinya hingga dia mempunyai keinginan jadikan korban sebagai pengganti anaknya.

Akibat perbuatannya, pelaku terancam dijerat dengan Undang-Undang Perlindungan Anak dan pasal penculikan KUHP dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.