Sukses

Anies: Cicilan Rumah DP 0 Rupiah Disesuaikan Penghasilan Tiap Bulan

Ditargetkan pembangunan 703 unit rumah susun di Pondok Kelapa akan rampung pada pertengahan Tahun 2019.

Fokus, Jakarta - Berlokasi di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, pada Kamis pagi tadi, 18 Januari 2018, Anies Baswedan siap mewujudkan janji kampanyenya yakni pembangunan hunian dengan DP 0 Rupiah untuk warga DKI Jakarta.

Di lahan seluas 1,4 hektar akan dibangun berupa rumah susun dengan total 703 unit rumah tipe 36 dan tipe 21. Untuk harga hunian tipe 36 warga dapat membelinya senilai Rp 320 juta rupiah, sedangkan untuk Tipe 21 senilai Rp 185 juta.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Jumat (19/1/2018), program ini hanya diperuntukkan bagi warga Jakarta yang berpenghasilan di bawah Rp 7 juta, dengan skema cicilannya tergantung besaran penghasilan tiap warga.

"Intinya adalah adanya batasan prosentase yang digunakan untuk kredit. Kemudian kita tahu bahwa harga rumahnya seperti sekarang ini Rp 185 juta misalnya. Maka tinggal dia punya pilihan mau dia cicil 5 tahun, 10 tahun, 15 tahun tergantung besaran penghasilan per bulannya," ujar Anies Baswedan.

Sementara itu, Persatuan Perusahaan Real Estate Indonesia DKI Jakarta yang terdiri dari berbagai perusahaan pengembang mendukung penuh dan akan membantu program hunian DP 0 rupiah bagi warga Jakarta.

"Bersedia dukung program bapak, mungkin nanti akan disusul dengan beberapa penandatangan lagi kesepakatan pernyataan kami mendukung," ungkap, Amran Nukman Ketua DPD REI DKI Jakarta.

Ditargetkan pembangunan 703 unit rumah susun di Pondok Kelapa akan rampung pada pertengahan Tahun 2019. Sementara pada bulan April mendatang, warga Ibu Kota sudah bisa mendaftar pembelian rumah melalui Badan Layanan Umum Daerah.Â