Kronologi Ambruknya Balkon Gedung BEI Versi Polisi

Oleh Nanda Perdana Putra pada 15 Jan 2018, 19:30 WIB
Diperbarui 17 Jan 2018, 19:13 WIB
Garis Polisi Paska Ambruknya Balkon BEI

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 72 orang menjadi korban ambruknya balkon lantai 1 Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Kebanyakan dari mereka merupakan mahasiswa universitas di Palembang yang sedang mengadakan kunjungan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono menyampaikan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 11.55 WIB siang.

"Ada kunjungan beberapa mahasiswa di BEI. Tiba-tiba terdengar suara kencang dari dalam Tower II," tutur Argo di lokasi, Senin (15/1/2018).

Mendengar suara dentuman tersebut, sejumlah petugas keamanan langsung mendatangi lokasi. Benar saja, balkon BEI sudah dalam keadaan roboh dengan korban yang ikut tertimpa reruntuhan.

"Setelah dicek benar ternyata lantai 1 Tower II roboh. Saksi melihat beberapa korban sudah jatuh," jelas dia.

Alarm gedung kemudian berbunyi dan seluruh penghuni dan pekerja di lokasi tersebut dievakuasi keluar gedung. Sementara pihak keamanan bergegas menghubungi polisi dan medis.

"Kita menghubungi pihak BEI terkait blueprint bangunan, data maintenance, dan quality control. Juga membagi tugas penyidikan dan pengumpulan hasil olah TKP," Argo menandaskan.

2 dari 2 halaman

Detik-Detik Mencekam

Balkon BEI Ambruk, Petugas Medis Evakuasi Para Korban
Petugas medis dibantu warga mengevakuasi korban ambruknya balkon BEI di Jakarta, Senin (15/1). Puluhan korban dievakuasi ke rumah sakit terdekat, yaitu RS Siloam dan RS Mintoharjo. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Balkon lantai 1 tower II Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) ambruk pada Senin, 15 Januari 2018 siang. Sebanyak 72 orang menjadi korban luka akibat peristiwa ini.

Insiden ini sempat terekam oleh kamera pengawas di gedung tersebut. Dari video yang beredar, terlihat puluhan mahasiswa yang menggunakan jaket almamater berwarna biru tua tengah berkeliling di balkon Gedung BEI.

Beberapa di antaranya berusaha mengabadikan momen tersebut dengan berswafoto bersama di balkon. Sejumlah mahawasiswa pun berkumpul di balkon tersebut.

Namun, saat tengah asyik mengarahkan kamera ponsel, tiba-tiba konstruksi balkon perlahan-lahan ambruk. Sementara itu, ada beberapa orang yang melintas di bawah balkon.

Para mahasiswa yang mayoritas perempuan ini pun langsung berjatuhan mengikuti ambruknya balkon. 

Sementara di video yang lain, belasan mahasiswa berusaha berlari menghindari konstruksi balkon BEIyang ambruk tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓