Sukses

Mapala UI Realisasikan Program River Adoption

Bentuk realisasi tersebut berupa penanaman pohon dan perlombaan kreativitas anak bertemakan Sungai Ciliwung di Kampung Utan Jaya, Depok, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) mulai merealisasikan program situs crowd sourcing riveradoption.com yang digagas setahun lalu (2017).

Bentuk realisasi tersebut berupa penanaman pohon dan perlombaan kreativitas anak bertemakan Sungai Ciliwung di Kampung Utan Jaya, Depok, Jawa Barat. Kampung Utan adalah salah satu pemukiman yang dialiri Sungai Ciliwung.

Agenda penanaman pohon telah dilaksanakan pada Jumat pagi (2/11/18), sementara perlombaan kreativitas anak telah dilakukan pada Jumat silam 26 Oktober 2018.

Riveradoption.com merupakan platform yang menjembatani tiga unsur penting dalam kegiatan peduli sungai, terutama Sungai Ciliwung. Unsur-unsur tersebut adalah inisiator, adopter, serta volunteer.

Inisiator adalah individu ataupun komunitas penggagas program. Adopter adalah sponsor atau donatur, sementara volunteer adalah tenaga yang turun dalam pelaksanaan program. Tujuan utama dari website ini yaitu untuk menghimpun seluruh unsur tersebut supaya dapat berpartisipasi dalam kegiatan adopsi sungai secara bersama-sama.

Dalam program perdana ini, yang berperan sebagai inisiator adalah Winarso, warga Kampung Utan. Lelaki paruh baya yang akrab dipanggil Pak Win ini menyalurkan program yang ia gagas tersebut melalui river adoption.

Program ini kemudian mendapat perhatian dari PT Cargill yang akhirnya ikut serta sebagai adopter. Pelaksanaan dua mata acara dalam program ini dilakukan oleh anggota Mapala UI serta pemuda Kampung Utan sebagai volunteer.

"Saya tidak suka ada orang bilang sungai adalah penyebab banjir. Banjir itu ya karena perbuatan kita sendiri. Seharusnya kita malu dengan diri kita yang menyebabkan sungai itu meluapkan isinya ke darat,” ujar Pak Win.

Dia melihat di kampung ini banyak lahan kosong yang bisa dikelola dan di tanami pohon.

"Pohon dapat menjadi sumber oksigen sekaligus membantu menyerap lahan menyerap air dengan baik," ujarnya.

Dia mengaku senang saat share program ini ke Mapala UI sebagai pengurus River adoption mereka tindaklanjuti sampai akhirnya terlaksana.

Yohanes Agung Baskoro, Corporate Responsibility & Sustainable Development Manager PT Cargill menambahkan, pihaknya tertarik mengikuti kegiatan ini karena selaras dengan konsep corporate responsibility perusahaan.

"Selain itu, pusat perusahaan kami juga ada yang terletak di Jakarta yang merupakan salah satu daerah yang dilewati Ciliwung," ujarnya.

River adoption dibangun atas dasar Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian masyarakat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tri Dharma Perguruan Tinggi

Ketua Mapala UI Muhammad Jazmi menjelaskan, program ini dapat menerapkan seluruh poin yang terkandung dalam tri dharma perguruan tinggi.

"Kita dapat membantu mengajarkan masyarakat sekitar sungai ataupun masyarakat secara umum mengenai pentingnya pelestarian sungai melalui sosialisasi ataupun kegiatan interaktif," katanya.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan bentuk nyata dari pengabdian masyarakat sebab manfaat dari program ini dapat langsung dirasakan oleh seluruh masyarakat yang bermukim di sekitar Ciliwung.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.