Massa FPI Demo Kantor Facebook Indonesia

Oleh Nanda Perdana Putra pada 12 Jan 2018, 14:54 WIB
FPI

Liputan6.com, Jakarta - Front Pembela Islam (FPI) bersama dengan sejumlah ormas lainnya bergabung menyuarakan aspirasinya di depan kantor Facebook Indonesia, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Mereka berdemo menuntut atas sejumlah akun media sosialnya yang diblokir sepihak.

Pantauan Liputan6.com, Jumat (12/1/2018), massa unjuk rasa bertajuk aksi damai 121 tiba di lokasi sekitar pukul 14.40 WIB. Sebuah mobil komando digunakan untuk berorasi. Spanduk bertuliskan 'Facebook Jangan Dzolimi Umat Islam' juga terbentang.

Berdasarkan surat permohonan izin yang dikirim ke Polda Metro Jaya, massa hadir diperkirakan mencapai seribu orang.

Koordinator Aksi Damai 121 Ali Alathos menyampaikan, mereka menyebut langkah tersebut sebagai unjuk rasa menolak kezaliman Facebook.

"Pas diblokir, dibilangnya konten mengandung aktivitas kriminal," ujar Ali.

Untuk itu, pihaknya tidak dapat menerima alasan yang dinilai jauh dari keadilan. Terlebih, menurutnya banyak akun yang menghina Islam, tokoh Islam, dan mengandung konten maksiat malah dibiarkan tetap aktif oleh Facebook.

"Kalau misalkan pengen nggak ada hatespeech (jadi ada pemblokiran), ya hatespeech yang lain juga dihapus dong. Buktinya sampai sekarang Ade Armando masih," kata Ali.

 

2 of 2

Menuju Kantor Facebook

FPI
Massa FPI berunjuk rasa di depan kantor Facebook Indonesia. (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)

Sebelum aksi, massa melaksanakan salat Jumat di Masjid Agung al Azhar, Jakarta Selatan. Kemudian mereka bergerak mulai dari masjid menuju Jalan Pattimura hingga Bundaran Senayan.

Dari sana kemudian potong arus melewati Gedung Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan lurus terus sampai kawasan Pasar Santa.

Dari Pasar Santa, mereka lurus ke Mampang Prapatan dan berbelok mengambil jalur mengarah ke Kuningan. Tinggal mengikuti jalur saja hingga sampai di Kantor Facebook Indonesia.

Sementara, lalu lintas menjadi terpantau padat merayap. Sejumlah personel kepolisian turut membantu mengatur arus lalu lintas di sekitaran lokasi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓
bujang14bujang14

micin micin micin...

Raymond Valentino PongohRaymond Valentino Pongoh

Katanya anti produck xxxxx.....giliran di block account nya malah di demo.... Katanya tdk takut di block....trus ngapain skarang demo...