Sukses

Kartu Pekerja Diluncurkan, Ini Fasilitasnya untuk Buruh DKI

Sandi mengatakan, pemegang Kartu Pekerja juga akan mendapatkan subsidi pangan yang cukup besar.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meluncurkan Kartu Pekerja yang diperuntukkan kepada buruh DKI yang penghasilannya setara atau di bawah UMP DKI Jakarta 2018 yaitu Rp 3.648.035.

Nantinya, para pemegang kartu tersebut mendapatkan beberapa fasilitas yang dapat meringankan beban hidup mereka. Salah satunya, dapat bepergian menggunakan Transjakarta (Tj) secara gratis di semua koridor.

"Layanan Tj gratis untuk seluruh pekerja yang (gajinya) UMP. Temen-temen buruh juga bisa berbelanja di Jak Grosir, (jadi) bukan hanya pemegang KJP dan para pedagang PD Pasar Jaya saja (yang bisa belanja di Jak Grosir)," ucap Sandiaga di Balai Kota Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Bukan hanya dua fasilitas itu saja, pemegang Kartu Pekerja juga akan mendapatkan subsidi pangan yang cukup besar untuk memenuhi makanan pokok seperti daging sapi, daging ayam, beras dan juga telur.

"Jadi harga daging sapi Rp 35.000 per kilogram, daging ayam Rp 8.000 per kilogram, beras dapat Rp 6.000 per kilogram, telur Rp 12.500 per kilogram," ujar Sandiaga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menekan Gaya Hidup Buruh

Politikus Partai Gerindra ini menjelaskan, diluncurkannya Kartu Pekerja tersebut sebagai salah satu cara dalam memastikan biaya hidup kaum buruh tidak melambung tinggi dan gaji mereka tidak hanya terkuras hanya untuk transportasi dan pemenuhan kebutuhan pangan saja.

"30% (gaji) mereka hanya untuk transportasi. Selain transportasi, 30-35% penghasilan mereka untuk pangan, kita ingin memberikan kemudahan," jelas Sandiaga.

Diluncurkannya Kartu Pekerja ini menurut Sandiaga juga sebagai bentuk keberpihakan Pemprov DKI terhadap kaum yang termarjinalkan.

Harapannya, melalui fasilitas yang diberikan dari kartu tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan kaum buruh kedepannya.

"Bagaimana rekan buruh bisa meningkatkan penghasilan dan kesejahteraannya," harap Sandi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.