Sukses

Pengamanan Pilkada Jambi Tugas Pertama Kapolda Baru

Menurut Muchlis, potensi konflik Pilkada Jambi cukup besar.

Liputan6.com, Jakarta - Pilkada serentak di dua kabupaten dan satu kotamadya di Jambi jadi tugas pertama Brigjen Pol Muchlis sejak resmi menjabat Kapolda Jambi. Muchlis sebelumnya bertugas sebagai Inspektur di Bakamla RI.

Brigjen Pol Muchlis dirotasi dari jabatan sebelumnya di Bakamla sesuai Surat Telegram bernomor ST/16/I/2018 tertanggal 5 Januari 2018, yang ditandatangani Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Arief Sulistyanto.

Dia dipromosikan bersama empat perwira tinggi lainnya dengan jabatan Kapolda. Bersama itu pula mutasi dilakukan terhadap Komandan Korps Brimob Polri dari Irjen Murad Ismail ke Brigjen Pol Rudy Sufahriadi.

Menurut dia, potensi konflik Pilkada Jambi cukup besar. "Karena itu kami akan berusaha mencegah dari awal potensi-potensi konflik tersebut, itu paling pokok," ujar Muchlis.

Meski demikian, bukan berarti tugas-tugas lain diabaikan. Fungsi pelayanan kepolisian tetap berjalan seperti biasa.

"Yang pertama adalah bagaimana mengaktualisasikan kehadiran negara di tengah masyarakat. Jadi untuk menciptakan rasa aman, Polri harus ada di setiap kegiatan masyarakat," ujar Muchlis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelantikan 5 Kapolda dan Dankor Brimob

Kapolri Jenderal Tito Karnavian memimpin upacara pelantikan dan serah terima jabatan sejumlah perwira tinggi Polri, di Rupatama Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (11/1/2018).

Irjen Raja Erizman yang sebelumnya menjabat sebagai Kadiv Hukum Polri kini resmi dilantik sebagai Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT). Dia menggantikan Irjen Agung Sabar Santoso yang kini menjabat sebagai Kadiv Hukum Polri.

Sementara Kapolda Kalimantan Timur yang sebelumnya dijabat Irjen Safaruddin kini diganti Brigjen Priyo Widyanto yang sebelumnya menjabat Kapolda Jambi. Safaruddin telah dimutasikan sebagai Pati Baintelkam Polri dalam rangka pensiun.

Sementara Brigjen Muchlis dilantik sebagai Kapolda Jambi untuk menggantikan Priyo. Muchlis sebelumnya menjabat sebagai Inspektur Bakamla RI.

Kapolri juga melantik Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen I Ketut Argawa. I Ketut yang sebelumnya menjabat sebagai Karo Analis Baintelkam Polri itu dipilih untuk menggantikan Brigjen Rudy Sufahriadi.

Sementara Rudy dilantik sebagai Dankor Brimob menggantikan Irjen Murad Ismail. Murad kini dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Brigade Mobil Korbrimob Polri.

Dan yang terakhir, Kapolri melantik Irjen Suntana sebagai Kapolda Lampung. Suntana yang sebelumnya menjabat sebagai Pati Baintelkam Polri (dalam rangka penugasan pada BIN) itu resmi menggantikan Irjen Hadi Siswoyo sebagai pucuk pimpinan di Polda Lampung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.