Sukses

Demo Kedubes China, KNPI: Natuna Milik Indonesia

Ketua Umum KNPI Haris Pertama mendesak agar pemerintah China menghormati Kedaulatan NKRI khususnya di Laut Natuna yang sudah diatur dalam UNCLOS 1982.

Liputan6.com, Jakarta - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) mengerahkan massa untuk mendemo Kedutaan Besar China terkait kasus Natuna. Mereka membeber sejumlah poster dan spanduk berisi dukungan bahwa Natuna adalah milik Indonesia.

Ketua Umum KNPI Haris Pertama mendesak agar pemerintah China menghormati Kedaulatan NKRI khususnya di Laut Natuna yang sudah diatur dalam UNCLOS 1982.

"Aksi ini jadi bentuk dukungan kita kepada pemerintah untuk desak pemerintah China atas konflik di perairan Natuna," kata Haris, Rabu (8/1/2020).

"Kita memprotes pemerintah China yang mencaplok perairan Natuna. Kami mau bilang Natuna adalah milik Indonesia," sambungnya.

Demo melibatkan sejumlah elemen yang massa kepemudaan yang ada di internal KNPI. Haris mengatakan aksi Natuna ini merupakan aksi spontanitas. 

"Ke depan kita akan konsolidasi dan membuat aksi yang lebih besar dari ini. Kita akan datang dengan massa yang lebih banyak, kita akan bobol," tegas Haris.

Sebelumnya KNPI juga mendukung langkah TNI untuk bersikap tegas terhadap langkah-langkah China yang terus mengklaim bahwa itu masuk wilayahnya.

"Kami mendukung langkah TNI dan sikap tegasnya. Sebagai anak bangsa kami tentu geram dengan langkah yang diambil oleh pemerintah China," tegasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.