Sukses

Polisi Dalami Unsur Kelalaian Jembatan Ambruk di Penangkaran Rusa

Berdasarkan olah TKP, jembatan gantung sepanjang 42 meter ini ambruk karena jembatan menampung beban melebihi kapasitas.

Liputan6.com, Bogor - Kepolisian Resor Bogor tengah mendalami dugaan adanya unsur kelalaian terkait ambruknya jembatan gantung di wana Wisata Penangkaran Rusa Cariu, Desa Buana Jaya, Tanjungsari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin 1 Januari 2018.

Peristiwa tersebut menyebabkan satu wisatawan meninggal dan puluhan lainnya luka-luka karena jatuh ke Sungai Cibeet.

"Kami sedang mendalaminya," kata Kapolres Bogor AKBP Andi M. Dicky, Sabtu (6/1/2018).

Menurutnya, penyidik dari Satreskrim sedang memeriksa sejumlah saksi karena diduga ada unsur kelalaian sehingga menyebabkan jembatan gantung bisa ambruk. Saksi-saksi yang diperiksa adalah petugas Wisata Penangkaran Rusa Cariu.

"Yang jelas kalau ada pidananya ini kelalaian. Kan ada pidana hukum karena kelalaian. Tapi sekarang baru tiga saksi yang diperiksa. Nanti akan banyak lagi yang diperiksa," kata Dicky.

Berdasarkan olah TKP, jembatan gantung sepanjang 42 meter ini ambruk karena jembatan menampung beban yang melampaui kapasitas sehingga menyebabkan seling baja putus.

"Di situ kan ada pelang kapasitas jembatan maksimal 10 orang. Tapi kenapa kok bisa dilewati 50 orang lebih sekaligus," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gandeng Kementerian PU

Untuk memastikan penyebab robohnya jembatan, pihaknya akan menghadirkan saksi ahli dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat untuk memeriksa kekuatan jembatan yang menjadi akses satu-satunya menuju wisata itu.

"Saksi ahli ini untuk melengkapi penyidikan," ujar Dicky.

Saat disinggung apakah bakal ada tersangka dalam kasus ambruknya jembatan tersebut, Dicky mengaku masih melakukan pendalaman.

"Tapi nanti setelah lidik, gelar perkara lalu naik ke tingkat sidik. Baru ada tersangka," ujar Dicky.

Sebelumnya, sebuah jembatan gantung wana wisata Penangkaran Rusa Cariu di Desa Buana Jaya, Tanjungsari, Bogor, Jawa Barat ambruk, Senin (01/01/2018).

Akibat kejadian ini, 1 wisatawan tewas, 6 luka berat, 34 orang lainnya luka sedang dan ringan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.