Sudirman Said Sebut Kandidat Nama Cawagubnya di Pilkada Jateng

Oleh Nanda Perdana Putra pada 02 Jan 2018, 16:06 WIB
Diperbarui 02 Jan 2018, 16:06 WIB
Sah, Gerindra Usung Sudirman Said Sebagai Cagub Jawa Tengah
Perbesar
Sudirman Said (kedua kanan) memberi keterangan saat pengumuman calon Gubernur Jawa Tengah di Rumah Kertanegara, Jakarta, Rabu (13/12). Partai Gerindra resmi mengusung Sudirman Said sebagai calon Gubernur Jawa Tengah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said membeberkan sejumlah nama yang nantinya akan dipilih untuk maju sebagai calon wakil gubernur di Pilkada 2018. Setidaknya ada tujuh sosok yang menjadi catatan dan masukan baik dari partai politik dan masyarakat.

Pertama ada Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Ferry Juliantono. Kemudian dari kalangan Nahdliyin didorong sosok Ketua DPW PKB Jawa Tengah KH Yusuf Chudlori.

"Haji Yusuf Chudlori dari Pesantren Tegalrejo. Beliau orang baik, tak punya catatan buruk di masa lalu," ujar Sudirman Said di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (2/01/2018).

Nama yang disebut kemudian adalah mantan Bupati Kebumen Rustriningsih. Dia juga dikenal sebagai mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah periode 2008-2013. "Dari Sarang Rembang muncul sejumlah nama. Itu putra Kiai Haji Maimun," jelas dia.

Tiga nama putra Mbah Maimun Zubair pun disebutkan. Mereka dikenal dengan Gus Yasin, Majid Kamil alias Gus Kamil, dan Abdul Gofur atau Gus Gofur.

"Mbah Maimun punya reputasi putra-putranya sangat komitmen pada ilmu dan pendidikan," kata Sudirman Said.

Nama terakhir adalah Ariyanti Dewi yang merupakan kader Partai Golkar. Meski partai tersebut belum menentukan sikap terkait Pilkada Jawa Tengah, dia berharap ada jalinan hubungan baik dengan kemunculan nama tersebut.

"Sambil memikirkan kemungkinan dan adanya kerja sama (dengan Partai Golkar)," Sudirman Said menandaskan.

 

2 dari 2 halaman

Pengusung Sudirman Said

PPP Djan Faridz Dukung Sudirman Said
Perbesar
Ketum PPP Muktamar Jakarta Djan Faridz dan bakal Cagub Jawa Tengah dari Partai Gerindra, Sudirman Said berfoto bersama sembari menunjukan surat dukungan saat Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) PPP di Jakarta, Rabu (20/12). (Liputan6.com/JohanTallo)

Partai Gerindra resmi menetapkan Sudirman Said sebagai bakal calon yang akan di usung di Pilkada Jawa Tengah 2018.

Penetapan mantan menteri ESDM sebagai bakal cagub berlangsung di kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Rabu 13 Desember 2017.

"Kita hanya ingin memberikan yang terbaik kepada rakyat," ujar Prabowo.

Usai menunjuk sebagai bakal cagub di Pilkada Jateng, Gerindra mempersilakan Sudirman untuk mencari siapa pasangannya. "Sudirman said harus mencari wakilnya sendiri yang kuat dan memanfaatkan teman-teman koalisi yang ada," kata Prabowo.

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) kubu Djan Faridz juga resmi mendeklarasikan dukungannya kepada Sudirman Said sebagai bakal cagub Jawa Tengah pada Pilkada 2018.

Ketua Umum PPP kubu Mukmatar Jakarta Djan Faridz mengungkapkan alasannya mendukung mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) itu. Salah satunya Sudirman Said dianggap mampu memajukan pondok pesantren. Hal itu, sesuai dengan moto PPP

"Kami minta untuk memperhatikan marbot masjid, muazin, ustaz, dan ustazah. Juga memperhatikan pondok pesantren," kata Djan di kantor DPP PPP, Jakarta Pusat, Rabu 20 Desember 2017.

Selain itu, sambung Djan, pihaknya optimistis Sudirman Said dapat memajukan Jawa Tengah. Oleh sebab itu, ia akan membantu Sudirman Said dalam memenangkan Pilkada Jateng 2018.

"Kami akan bersama juga mendukung beliau maju di Jawa Tengah," ucap Ketua Umum PPP Djan Faridz.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓