Sukses

Uu Ruzhanul: Saya Masih Kandidat Cawagub Ridwan Kamil

Uu mengatakan pengusungan dirinya dengan Emil sudah resmi dengan adanya surat keputusan (SK) dari PPP.

Liputan6.com, Jakarta - Kandidat calon wakil gubernur Jawa Barat yang juga Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum mengaku masih tetap memprioritaskan M Ridwan Kamil dalam kontestasi Pilkada Jabar 2018.

"Hingga saat ini saya masih memprioritaskan Kang Ridan Kamil sebagai cagub dan saya sebagai cawagub di ajang Pilgub Jawa Barat 2018," kata Uu Ruzhanul Ulum di Tasikmalaya, seperti dilansir dari Antara, Senin (1/1/2018).

Ia menuturkan pernyataan tersebut merupakan bantahan terkait informasi yang menyebut dirinya akan berpaling dari Ridwan Kamil.

"Sekali lagi, sampai saat ini saya masih bakal calon wakil gubernur yang akan mendampingi Kang Emil (Ridwan Kamil)," ucap bakal cawagub dari PPP itu.

Menurut dia, pengusungan dirinya dengan Ridwan Kamil sudah resmi dengan adanya surat keputusan (SK) dari PPP selaku partai politik tempat dirinya bernaung.

Ketika ditanyakan tentang adanya informasi yang menyebut dirinya siap bersanding dengan calon gubernur lain, Uu menilai hal itu biasa saja sebagai dampak dari kegiatan politiknya menjadi kader PPP.

"Hal itu komunikasi politik biasa saja. Sampai saat ini partai saya, PPP, tidak mengubah SK, tetap menyandingkan saya dengan Kang Emil," kata dia.

Sementara itu, ketua DPW PPP Jawa Barat, Ade Munawaroh Yasin menyatakan PPP akan terus dorong kadernya, Uu Ruzhanul Ulum sebagai wakil gubernur untuk mendampingi Ridwan Kamil di Pilgub Jabar.

Pihaknya optimistis hal itu bisa dilakukan segera terlebih sebelumnya telah terjadi pertemuan antara para partai pengusung dengan Ridwan Kamil.

Pertemuan tersebut, kata dia, disebut sebagai momentum menguatkan kembali hunbungan Ridwan Kamil dan partai koalisi yang sempat memanas.

"Keputusannya akan dilakukan secepatnya. Nanti dikomunikasikan dengan DPP. Kalau kami masih Uu, belum berubah. Apa yang dilakukan Kang Uu sudah bagus dalam soaialisasi. Saya instruksikan untuk terus fokus sosialisasi," kata 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bupati Dua Periode

Uu sendiri hingga kini masih menjabat sebagai Bupati Tasikmalaya. Dia bersama wakilnya Ade Sugianto berhasil memenangkan pilkada Tasikmalaya 2011 dengan perolehan suara sebesar 249.199 suara atau 32,37 persen.

Setelah 5 tahun menjabat, pasangan ini maju lagi sebagai Bupati Tasikmalaya untuk periode kedua, 2016-2021, diusung PDIP, Golkar, PAN, PKS, dan Partai Nasdem.

Namun, ternyata tidak ada pasangan calon lain yang mendaftar.  KPU Kabupaten Tasikmalaya sudah beberapa kali memperpanjang pendaftaran, namun tak kunjung ada lawan untuk Uu-Ade.

Akhirnya, berkat Peraturan KPU, Uu-Ade tetap diikutkan Pilkada sebagai pasangan calon tunggal. Mekanisme di TPS adalah masyarakat memberikan suara setuju dan tidak setuju. Hasilnya, mayoritas menyatakan setuju Uu-Ade memimpin lagi, yaitu sebanyak 500.908 suara atau 67, 35%.

Sepak terjang Uu sebagai Bupati dan kehidupan pribadinya bisa ditelusuri salah satunya dari akun media sosial. Uu punya Fan Page Facebook Kang Uu Ruzahanul Ulum (@JabarBersyukur) dengan 62,924 followers.

Politikus yang menyebut dirinya santri itu juga punya akun Instagram @uu_ruzhanul_ulum dengan 1.278 followers. Uu punya website uuruzhan.com yang salah satunya menuliskan sejumlah prestasinya selama memimpin Tasikmalaya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.