Sukses

Kisah Tiga ABG yang Beruntung Ditawari Jokowi Menginap di Istana

Tiga perempuan asal Madiun mendapat 'hadiah' tahun baru mengesankan dari Jokowi.

Liputan6.com, Yogyakarta - Malam pergantian tahun baru 2018 mungkin jadi pengalaman yang paling berkesan bagi tiga ABG perempuan asal Madiun, Jawa Timur. Mereka adalah Arinka Alafarin (18) murid SMAN 5, Nurul Hafsah (18) bersekolah di SMKN 3, dan Bunga (17) dari SMAN 6 Madiun.

Ketiganya mendapat kesempatan yang belum tentu bisa didapat semua orang, yakni menginap di Istana Presiden.

Cerita mereka bermula dari keberangkatannya dari Madiun menumpang Bus PO Mira, Minggu 31 Desember 2017.

Tiga sekawan ini tiba di Yogyakarta sekitar pukul 13.00 WIB. Mereka sengaja ingin menghabiskan malam pergantian tahun baru 2018 di Kota Pelajar.

"Kami bilang orangtua ke Yogya. Enggak takut (di perjalanan) karena pernah ke sini," ujar Arinka seraya menjelaskan Hafsah pernah melakukan praktik kerja lapangan di Kota Gudeg itu.

Saat malam tiba, tiga anak SMA ini mengunjungi Istana Presiden Gedung Agung. Mereka bekesempatan bertemu Presiden Jokowi. Bersama Orang Nomor 1 di Indonesia mereka sempat berfoto bersama.

Jokowi menanyakan asal dan lokasi menginap ketiganya. Jokowi terkejut ketika mendapat jawaban ketiganya berasal dari Madiun dan akan menginap di masjid.

Arinka menjelaskan pada Minggu sore mereka menumpang mandi di RS PKU Muhammadiyah yang dekat dengan Gedung Agung.

Selain itu, Arinka mengaku dia dan kawannya tidak membawa pakaian ganti, hanya pakaian yang melekat di tubuh mereka saat itu. Mereka bertiga berencana kembali ke Madiun pada Senin siang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Undangan Jokowi

Jokowi pun menawarkan mereka menginap di beristirahat di Wisma Negara yang ada di kompleks Istana Kepresidenan Yogyakarta.

Usai menyantap kuliner khas Yogyakarta yang disediakan di halaman sisi selatan Gedung Agung, Arinka beserta kawan-kawan keluar dari istana untuk menikmati suasana malam pergantian tahun baru di sekitar Tugu Nol Kilometer Yogyakarta.

Jokowi juga sempat berkunjung ke sana jelang malam pergantian tahun. Presiden Jokowi berada di Tugu Nol Kilometer pukul 23.00 WIB.

Ia menyapa warga yang ramai berkumpul di depan istana hingga ke perempatan dekat titik nol kilometer Yogyakarta dan kembali masuk beristirahat di istana.

Setelah tahun berganti, pada pukul 00.40 WIB, ketiga perempuan tadi kembali ke kompleks Istana Kepresidenan Yogyakarta.

3 dari 3 halaman

Kamar 004

Mereka mengisi buku tamu untuk keperluan menginap di Wisma Negara. Usai mengisi formulir tamu, staf Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden Le Renov mengantarkan mereka ke salah satu ruangan kamar bernomor 004 di Wisma Negara.

Di dalam ruangan bercat putih itu, disediakan tiga ranjang serta fasilitas kebutuhan lainnya, seperti makanan dan minuman.

Usai melihat-lihat ruangan, ketiganya menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang memberikan tempat menginap "tak terduga" di Gedung Agung.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.