Sukses

Warga yang Nongkrong di Puncak Diimbau Pulang Pukul 03.00

Saat ini, di Jalur Puncak masih diberlakukan car free night dalam rangka menyambut pergantian tahun baru 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa mengimbau perayaan pergantian tahun di Puncak berlangsung hingga pukul 03.00 WIB saja. Warga yang masih nongkrong juga diimbau segera pulang untuk mengantisipasi kepadatan akibat lonjakan volume kendaraan saat jalur puncak dibuka.

“Antisipasinya setelah pelepasan tahun, sekitar pukul 03.00 nanti akan kami imbau yang nongkrong untuk pulang. Apalagi yang makan di bahu dan jalan,” ujar Royke saat meninjau arus lalu lintas di Gerbang Tol Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Minggu (31/12/2017).

Saat ini, di Jalur Puncak, Jawa Barat, masih diberlakukan car free night atau larangan kendaraan bermotor melintas dalam rangka menyambut pergantian malam tahun baru 2018. Rencananya, jalur tersebut baru akan dibuka pada 1 Januari 2018 pukul 06.00 WIB besok.

Pada pukul 06.00 WIB, jalur Puncak harus steril dari kendaraan yang terparkir dan aktivitas masyarakat. Dengan begitu, kendaraan yang melintas bisa berjalan lancar.

“Enggak ada lagi parkir di bahu dan badan jalan. Kalau padat lagi akan buka tutup atau oneway seperti biasa,” ucap dia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kendaraan ke Puncak Meningkat

Tercatat sebanyak 33 ribu kendaraan roda empat masuk ke Puncak, Bogor jelang malam pergantian tahun. Jumlah tersebut meningkat tiga kali lipat jika dibandingkan dengan akhir pekan biasanya.

“Ini naik tiga kali lipat, kalau weekend biasa ada 10 ribu sampai 12 ribu kendaraan,” kata Royke.

Saat ini, jalur puncak ditutup untuk kendaraan sejak pukul 18.00 - 06.00 WIB esok. Hanya kendaraan roda dua dan kendaraan darurat yang diperkenankan melintas selama car free night berlangsung.

Meski mengalami peningkatan, namun sejak sore tadi arus kendaraan menuju Puncak terpantau lengang. Meski begitu, polisi tetap bersiaga mengantisipasi lonjakan kendaraan setelah pukul 00.00 WIB nanti.

“Biasanya mereka yang rayakan tahun baru di kota, setelah pukul 00.00 WIB akan ke sini. Yang di sini juga akan turun banyak,” ucap dia.

Alhasil, ada pertemuan besar kendaraan roda dua. Menurut Royke, bila kepadatan terjadi maka akan diberlakukan satu arus.

“Nanti akan dilihat, mana yang lebih penting, turun atau naik untuk satu arus,” imbuhnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.