Warga yang Nongkrong di Puncak Diimbau Pulang Pukul 03.00

Oleh Nafiysul Qodar pada 31 Des 2017, 22:42 WIB
Diperbarui 31 Des 2017, 22:42 WIB
Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Royke Lumowa.
Perbesar
Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Royke Lumowa.(Instagram @ntmc_polri)

Liputan6.com, Jakarta - Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa mengimbau perayaan pergantian tahun di Puncak berlangsung hingga pukul 03.00 WIB saja. Warga yang masih nongkrong juga diimbau segera pulang untuk mengantisipasi kepadatan akibat lonjakan volume kendaraan saat jalur puncak dibuka.

“Antisipasinya setelah pelepasan tahun, sekitar pukul 03.00 nanti akan kami imbau yang nongkrong untuk pulang. Apalagi yang makan di bahu dan jalan,” ujar Royke saat meninjau arus lalu lintas di Gerbang Tol Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Minggu (31/12/2017).

Saat ini, di Jalur Puncak, Jawa Barat, masih diberlakukan car free night atau larangan kendaraan bermotor melintas dalam rangka menyambut pergantian malam tahun baru 2018. Rencananya, jalur tersebut baru akan dibuka pada 1 Januari 2018 pukul 06.00 WIB besok.

Pada pukul 06.00 WIB, jalur Puncak harus steril dari kendaraan yang terparkir dan aktivitas masyarakat. Dengan begitu, kendaraan yang melintas bisa berjalan lancar.

“Enggak ada lagi parkir di bahu dan badan jalan. Kalau padat lagi akan buka tutup atau oneway seperti biasa,” ucap dia.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kendaraan ke Puncak Meningkat

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Royke Lumowa
Perbesar
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Royke Lumowa. (Liputan6.com/Fachrur Rozie)

Tercatat sebanyak 33 ribu kendaraan roda empat masuk ke Puncak, Bogor jelang malam pergantian tahun. Jumlah tersebut meningkat tiga kali lipat jika dibandingkan dengan akhir pekan biasanya.

“Ini naik tiga kali lipat, kalau weekend biasa ada 10 ribu sampai 12 ribu kendaraan,” kata Royke.

Saat ini, jalur puncak ditutup untuk kendaraan sejak pukul 18.00 - 06.00 WIB esok. Hanya kendaraan roda dua dan kendaraan darurat yang diperkenankan melintas selama car free night berlangsung.

Meski mengalami peningkatan, namun sejak sore tadi arus kendaraan menuju Puncak terpantau lengang. Meski begitu, polisi tetap bersiaga mengantisipasi lonjakan kendaraan setelah pukul 00.00 WIB nanti.

“Biasanya mereka yang rayakan tahun baru di kota, setelah pukul 00.00 WIB akan ke sini. Yang di sini juga akan turun banyak,” ucap dia.

Alhasil, ada pertemuan besar kendaraan roda dua. Menurut Royke, bila kepadatan terjadi maka akan diberlakukan satu arus.

“Nanti akan dilihat, mana yang lebih penting, turun atau naik untuk satu arus,” imbuhnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya