Sukses

Tak Biasa, Pagi Ini Puncak Lengang Jelang Malam Tahun Baru

Meski demikian, petugas Kepolisian terlihat mengatur arus lalu lintas untuk menghindari terjadinya kemacetan di jalur Puncak.

Liputan6.com, Bogor - Arus lalu lintas menjelang tahun baru 2018 di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat nampak lancar, Minggu (31/12/2017) pagi. Lalu lintas pun diberlakukan dua arah.

Tidak seperti hari libur natal dan akhir pekan sebelumnya, di mana mulai pukul 06.00 WIB mulai dipadati kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak. Bahkan polisi pun memberlakukan satu arah menuju kawasan Puncak.

Namun sejak pukul 06.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB, jalur Puncak terlihat tidak ada penumpukan ataupun antrean di Gerbang Tol (GT) Ciawi. Kendaraan dari arah Puncak-Cianjur menuju Jakarta maupun sebaliknya juga mengalir lancar.

Begitu pula di Simpang Gadog dan Pasir Angin serta Tanjakan Selarong yang biasa jadi langganan kemacetan, terpantau lancar, meski Sabtu malam tadi sempat terjadi antrean cukup padat akibat tersendat adanya aktivitas tabligh akbar di Puncak.

Situasi lalu lintas juga terlihat lancar di sekitar Simpang Megamendung dan Pasar Cisarua dari kedua arah. Meskipun sempat tersendat oleh keluar masuk kendaraan maupun orang menyeberang, namun tidak sampai menimbulkan penumpukan kendaraan.

"Jalur Puncak lancar. Lalu lintas dua arah," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama.

Namun demikian, petugas Kepolisian terlihat mengatur arus lalu lintas untuk menghindari terjadinya kemacetan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bus Wisatawan Malam Tahun Baru

Polisi akan menutup jalur menuju Puncak, Bogor saat malam tahun baru 2018, Minggu (31/12/2017). Meski begitu, Kepolisian Resor Bogor memberikan fasilitas berupa shuttle bus gratis untuk mengantar wisatawan yang terlambat menuju kawasan Puncak.

Kapolres Bogor AKBP Andi M Dicky megatakan, bus ini akan mengantar khusus wisatawan yang ikut paket wisata di Puncak namun datang melebihi waktu penutupan jalur Puncak mulai pukul 18.00 WIB.

"Wisatawan ini nantinya akan diantarkan hingga ke titik lokasi yang dituju," kata Dicky.

Dicky menyebutkan, ada empat bus yang disediakan secara gratis. Shuttle bus tersebut ditempatkan di halaman parkir Masjid Harakatul Jannah atau di depan Pos Gadog.

"Nanti wisatawan tinggal melapor ke petugas kami," kata dia.

3 dari 3 halaman

Ada Ambulans

Selain bus, kepolisian juga menyediakan kendaraan ambulans untuk warga di kawasan Puncak yang mengalami sakit maupun hendak melahirkan saat malam tahun baru.

"Mulai siang bus sudah ada di shuttle. Kalau ambulans sudah ditempatkan di Pos Gadog dari sebelum libur natal," kata dia.

Dia berharap, bus dan ambulans ini bisa membantu, baik masyarakat maupun wisatawan yang terkena dampak penutupan jalur Puncak selama 12 jam mulai pukul 18.00 WIB, Minggu hingga pukul 06.00 WIB, Senin 1 Januari 2018.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.