Libur Tahun Baru, Kawasan Puncak dan Lembang Macet

Oleh Nila Chrisna Yulika pada 30 Des 2017, 08:23 WIB
Diperbarui 30 Des 2017, 08:33 WIB

Fokus, Bogor - Jelang malam pergantian tahun baru 2018, kawasan Puncak, Bogor, dan Bandung, Jawa Barat, terus dipadati kendaraan. Bahkan kemacetan tersebut mencapai hingga puluhan kilometer.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Sabtu (30/12/2017), seperti yang terlihat dalam pantauan udara menggunakan pesawat drone ini, arus wisata dari kawasan Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya menuju Puncak diwarnai kepadatan cukup tinggi.

Kemacetan panjang terjadi mulai Simpang Gadog KM 48 hingga gerbang Tol Ciawi KM 43. Kemacetan terus bertambah saat memasuki kawasan jalur utama Gadog menuju Puncak hingga sepanjang 5 kilometer. Untuk mengurai kemacetan panjang ini petugas Lantas Polres Bogor memberlakukan sistem satu jalur menuju kawasan Puncak hinga arus surut, sedagkan arus sebaliknya ditutup hingga kendaraan berjalan normal.

Kemacetan parah juga terjadi di sejumlah titik di kawasan Lembang, Bandung Barat. Dari pantauan udara, penumpukan kendaraan terjadi dari arah Bandung menuju Lembang. Kemacetan parah mengular hingga ke kawasan Sukajadi sejauh 10 kilometer.

Titik kemacetan di Lembang terpantau berada di Simpang Beatrik, kemudian Panorama hingga di kawasan Alun-Alun Lembang. Warga, terutama dari luar kota yang masih memanfaatkan libur sekolah jelang tahun baru, bergerak ke sejumlah obyek wisata seperti Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu, kemudian Maribaya, Floating Market dan Farmhouse. Polres Cimahi memberlakukan sistem buka tutup untuk mengurai kepadatan ini.

Sementara itu. ribuan kendaraan dari arah Jakarta di ruas Tol Cipularang – Purwakarta, Jawa Barat, sepanjang Jumat malam, 29 Desember 2017, dipadati kendaraan pribadi menuju Bandung.

Meningkatnya volume kendaraan dari hari biasanya, menyusul libur perayaan tahun baru serta libur panjang anak sekolah hingga awal tahun 2018. Banyak warga yang mengisi liburannya dengan mengunjungi sejumlah tempat wisata di Kota Bandung dan sekitarnya. Diperkirakan arus liburan panjang ini berlangsung hingga usai perayaan tahun baru.

Dari Subang, Jawa Barat, volume kendaraan yang melintas di ruas pantura Sukamandi, Subang, sepanjang Jumat sore hingga malam hari terus mengalami peningkatan. Selain kendaraan pribadi, juga didominasi kendaraan besar seperti truk dan bus angkutan penumpang.

Sejumlah aparat kepolisian terus berjaga mengantisipasi terjadinya lonjakan arus. Namun sejauh ini kendaraan dari arah Jakarta maupun sebaliknya, masih dapat melaju dalam kondisi lancar. Kepadatan arus kendaraan di ruas pantura non tol Subang, diperkirakan akan terus meningkat hingga pergantian tahun nanti.