Sukses

JK dan Boediono Jadi Saksi Akad Nikah Putri Mensesneg

Akad nikah serta resepsi Anisa Firdia Hanum dan Rino Febrian digelar di Jogja Expo Center selama dua hari, hari ini dan besok.

Liputan6.com, Yogyakarta - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan Wakil Presiden ke-11 Boediono menjadi saksi akad nikah putri Menteri Sekretaris Negara (Menesesneg) Pratikno di Yogyakarta, Jumat (29/12/2017).

Akad nikah serta resepsi Anisa Firdia Hanum dan Rino Febrian digelar di Jogja Expo Center selama dua hari, Jumat dan Sabtu (29-30/12/2017).

JK didampingi istrinya, Mufidah, datang ke lokasi undangan setelah Boediono dan sang istri Herawati. Di belakang JK, Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan Wakil Gubernur Paku Alam X turut memasuki ruangan akad nikah.

Ijab kabul dimulai pukul 08.30 WIB dengan mas kawin seperangkat alat salat dan uang sebesar Rp 291.217.

Ketua PP Muhammadiyah Haedar menyampaikan khotbah nikah sebelum ijab kabul dimulai. Menurut Haedar, pernikahan merupakan ikatan yang kokoh dan Allah memberi kehormatan yang tinggi terhadap lembaga pernikahan.

"Pernikahan menciptakan hubungan sah dan halal sebagai wujud ibadah kepada Allah," ujar Haedar.

Dalam akad nikah juga tampak sejumlah menteri, seperti Mendagri Tjahjo Kumolo, Menko Polkumham Wiranto, serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Awal Pertemuan

Ninis dan Rino bertemu di UGM saat kuliah S1. Nina merupakan lulusan S1 jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM dan mengambil double degree di Perancis (ESCEM Poitiers), sedangkan Rino adalah lulusan S1 Teknik Kimia, Fakultas Teknik UGM.

Saat ini mereka berdua tengah menjalani kuliah S2 di Perth, tapi berbeda kampus. Ninis mengambil jurusan Master of Commerce di University of Western Australia, sementara Rino mengambil jurusan Master of Media Practice di Curtin University.

Mereka telah menyelesaikan semester pertama dan sekarang tengah libur musim panas selama tiga bulan, terhitung sejak awal Desember kemarin.

Keduanya pertama kali bertemu dalam kepanitiaan sebuah konferensi di UGM (International Indonesia Forum) pada 2012. Kemudian mereka tidak bertemu sampai kembali berjumpa pada awal 2016.

3 dari 3 halaman

Mahfud MD Bacakan Doa

Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK hari ini, hadir dalam akad nikah putri Keluarga Menteri Sekretaris Negara Pratikno, di Jogja Expo Center, Yogyakarta. Dia hadir didampingi istrinya, Mufidah Jusuf Kalla.

"Pak Wapres hadir sebagai saksi pengantin wanita," ucap juru bicara Wapres Husain Abdullah saat dikonfirmasi, Jumat (29/12/2017).

Dia menuturkan, Wapres RI ke-11 Boediono juga hadir sebagai saksi pengantin prianya. Ia duduk di sebelah JK.

"Wapres hadir sekitar Pukul 08.00 WIB, ia berkopiah hitam dan mengenakan setelan jas warna gelap bersama Boediono duduk sebagai saksi pengantin Wanita Anisa Firdia Hanum, sedangkan Wakil Presiden ke-11 ini menjadi saksi pengantin pria Rino Febrian, anak dari Suryo Eko Wahyono," ujar Husain.

Khotbah nikah disampaikan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir. "Pembacaan doa oleh Mahfud MD," pungkas Husain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini