Sukses

Warga Antusias Jajal Kereta Bandara, Sebagian Hanya Mencoba

Tidak hanya calon penumpang pesawat yang antusias antre tiket kereta, ada pula warga yang hanya ingin mencoba kereta baru tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah warga antusias dengan beroperasinya kereta bandara mulai hari ini, Selasa (26/12/2017). Tidak hanya calon penumpang pesawat yang antusias antre tiket kereta, ada pula warga yang hanya ingin mencoba kereta baru tersebut.

Salah satunya adalah Abu Khori (35). Warga Bekasi itu sengaja membeli dua tiket menuju Bandara Soekarno-Hatta bersama anaknya untuk mencoba kereta bandara di hari pertama.

"Kami penasaran sama keretanya, pengen nyoba," ujar Khoiri di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Senin (26/12/2017).

Khoiri mengaku semalam membaca di media daring bahwa kereta bandara beroperasi hari ini. Oleh karena itu, sejak pukul 08.00 WIB, dia sengaja naik KRL menuju Stasiun Sudirman Baru. Tak lupa, dia membawa bekal makanan.

"Murah juga, baru Rp 30.000 kan. Saya bawa jajanan anak saya juga," kata Khori.

Menurut dia, anaknya bernama Budi (6) sangat menyukai kereta. Oleh karena itu, tak masalah baginya harus bolak-balik Soetta-Sudirman.

"Nanti langsung balik lagi ke sini," ucap Khoiri.

Abu Khori (35), warga Bekasi, sengaja membeli dua tiket menuju Bandara Soekarno-Hatta bersama anaknya untuk menjajal kereta bandara di hari pertama. (Liputan6.com/Delvira Chaerani Hutabarat)

Dia mengaku senang dengan adanya kereta bandara karena dengan begitu ongkos yang dikeluarkan lebih murah.

"Semoga di Bekasi nanti ada juga keretanya," ucap Khoiri.

Pantauan Liputan6.com, sejumlah warga mengantre membeli tiket, sehingga mesin-mesin tiket selalu penuh. Para petugas mesin tiket pun sabar meladeni warga.

Saat ini, kereta bandara berangkat tiap satu jam sekali. Ke depan, PT Railink akan meningkatkan headway tiap 15 menit sekali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tarif Asli Rp 70 Ribu

Direktur PT Angkasa Pura II Muhammad Awalludin menyatakan, untuk tahap awal atau uji coba, kereta yang melayani rute Bandara Soekarno Hatta menuju atau dari Stasiun Manggarai hanya dipatok harga Rp 30 ribu.

Tarif perkenalan itu diberlakukan selama satu minggu atau sampai 1 Januari 2018 mendatang.

"Seterusnya akan dikenai tarif Rp 70.000," kata Awaludin.

3 dari 3 halaman

Fasilitas Mewah

Pelayanan perdana kereta bandara Soekarno Hatta dilengkapi sejumlah fasilitas istimewa. Penumpang pun dimanjakan dengan ruang tunggu hingga mesin otomatis pemesanan tiket kereta.

Direktur PT Angkasa Pura II Muhammad Awalludin menyebut banyak sekali fasilitas yang bisa dinikmati calon penumpang saat menunggu kedatangan kereta.

Stasiun yang berada di wilayah atau area perkantoran Soekarno Hatta itu terlihat megah dengan arsitektur transparan lantaran mayoritas struktur bangunannya adalah kaca.

Bangunannya terdapat dua lantai. Di lantai pertama berbagai fasilitas pun bisa memanjakan para pengguna jasa bandara. Mulai dari dua ruang tunggu yang berada di sisi kanan dan kiri stasiun, mirip seperti di Terminal 3, ruang tunggu terdapat sofa yang dilengkapi televisi, serta peralatan untuk mengecas daya handphone.

Lalu penumpang juga dapat memesan tiket kereta bandara melalui vending machine secara otomatis dan tak perlu menunggu lama. Begitu juga dengan info penerbangan serta self check in untuk pemberangkatan pesawat.

"Di sini sudah disediakan delapan unit vending machine dan juga self check in. Flight information serta map info juga dapat diakses langsung di sini," ujar Awalludin, Selasa (26/12/2017).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.