Sukses

Jokowi: NKRI, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika Sering Diuji

Jokowi meminta kepada Partai Hanura sebagai salah satu partai politik di Indonesia ikut serta dalam memperkuat keutuhan NKRI.

Liputan6.com, Semarang - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan, seringkali keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) diuji. Salah satu ujiannya, banyak berita bohong atau hoax yang kini menjadi salah satu ancaman.

"Kita harus menyadari berita bohong ada di mana-mana," kata Jokowi saat menghadiri Harlah Partai Hanura di Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (23/12/2017).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut, tak hanya keutuhan NKRI yang menjadi ancaman. Namun, dasar negara Indonesia yaitu Pancasila juga sering mengalami ujian.

"Kita harus tahu NKRI tahan uji, Pancasila tahan uji, Bhineka Tunggal Ika juga tahan uji," ujar Jokowi.

Karena hal itu, Jokowi meminta kepada Partai Hanura sebagai salah satu partai politik di Indonesia ikut serta dalam memperkuat keutuhan NKRI.

"Meskipun kita berbeda tapi kita tetap satu dalam NKRI. Kader partai Hanura harus waspada membela kepentingan bangsa," jelas Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pujian Jokowi untuk Hanura

Jokowi menghadiri perayaan Hari Ulang tahun (HUT) ke-11 Partai Hanura di Marina Convention Center (MCC), Kota Semarang, Jawa Timur.

Dalam kesempatan ini, Jokowi memuji partai besutan Wiranto itu. Presiden mengatakan, Partai Hanura merupakan salah satu partai politik yang sangat solid.

Tak hanya itu, Hanura juga disebut sebagai partai yang sangat adem tanpa ada perpecahan di dalamnya.

"Hanura enggak pernah berantem, paling solid, adem. Namanya saja bagus, Hati Nurani Rakyat, jadi semangatnya bagus," kata Jokowi, Sabtu (23/12/2017).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengimbau agar nama Hanura, dijadikan pegangan kepada seluruh kader dan simpatisan partai.

3 dari 3 halaman

Imbauan Jokowi

Memasuki tahun politik pada pilkada 2018 dan pilpres 2019, Jokowi pun mengingatkan kembali agar parpol tetap solid dan kompak.

"Kepemimpinan Hanura harus memberikan teladan kepada masyarakat, sehingga orientasi Hanura semakin jelas memperkuat Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika," jelas Jokowi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Hanura ialah sebuah partai politik di Indonesia
    Hanura ialah sebuah partai politik di Indonesia

    Hanura