Sukses

Saldo E-Tol Minim hingga Mesin Macet Sebabkan Antrean di Cipali

Kapolres Cirebon mengatakan, pada pukul 09.00, situasi arus lalu lintas di GT Palimanan dari arah Jakarta menuju Jateng terpantau ramai.

Liputan6.com, Cirebon - Arus kendaraan terus memadati Tol Cipali di tengah libur Natal akhir pekan ini. Ratusan kendaraan terus memadati Gerbang Tol (GT) Palimanan pada Sabtu (23/12/2017).

Pantauan di GT Palimanan, kendaraan masih terlihat mengular. Sejak subuh, mereka mengantre untuk membayar tol di GT Palimanan.

Meski sudah menggunakan e-tol sebagai alat transaksi, keluhan tetap dirasakan pengendara saat melintas di Cipali. Transaksi e-tol yang diyakin dapat mempersingkat waktu, justru dianggap tidak jauh berbeda dengan pembayaran tunai.

"Lama ngantrenya padahal sudah pakai e-tol," kata salah seorang pengendara, Shanti.

Beragam permasalahan pun dialami pengendara di Cipali. Mulai dari minimnya saldo hingga mesin transaksi di pintu gerbang tol yang bermasalah.

Beberapa pengendara juga mengaku tidak tahu bagaimana cara penggunaan e-tol tersebut. Beruntung di beberapa gerbang petugas membantu pengendara untuk melakukan transaksi.

Tidak sedikit pengendara mengeluhkan proses transaksi e-tol yang dinilai masih lamban. Pengendara juga tidak mengetahui tempat mengisi ulang saldo yang disediakan pengguna pengelola Cipali.

"Harusnya diberi tanda di mana saja tempat pengisian saldo e-tol termasuk di gerbang Tol Palimanan katanya ada. Untung saya cari-cari di rest area dan dapat," keluh dia.

Atas permasalahan ini pengendara terpaksa harus sabar menunggu giliran untuk melakukan transaksi di GT Palimanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Petugas Atur Lalu Lintas di GT Palimanan

Di tengah padatnya antrean kendaraan di GT Palimanan, petugas polisi maupun pengelola Cipali melakukan pengaturan lalu lintas sebelum masuk GT Palimanan.

"Agar tertib karena arus kendaraan semakin padat," kata Kapolres Cirebon AKBP Risto Samodra.

Dia mengatakan, pada jam 09.00, situasi arus lalu lintas di GT Palimanan dari arah Jakarta menuju Jateng terpantau ramai. Kepadatan kendaraan hanya terjadi di loket pembayaran seiring dengan kenaikan volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah. Kondisi arus juga terpantau ramai lancar dari pintu keluar Kanci.

Di ruas pantura, sepanjang kawasan Weru Kabupaten Cirebon yang didominasi kendaraan roda dua juga terpantau ramai lancar. "Yang terlihat sudah ramai di jalan menuju tempat wisata di Cirebon terlihat ramai pengunjung," kata dia.

 

 

 

 

3 dari 3 halaman

Saldo Habis

Sejumlah pemudik yang melalui jalur tol Cikampek - Cikarang mengeluhkan antrean panjang di gerbang tol pembayaran karena banyak kendaraan yang melakukan pembayaran atau isi saldo e-tol di gerbang tol setempat, Jumat 22 Desember 2017 malam.

"Payah banget sudah antrean panjang, banyak pula tadi kendaraan yang beli saldo e-tol dulu. Jadi tambah lama dong antrenya, sudah hampir 3,5 jam antre di gerbang tol Cikarang tadi," ucap Alex (40), pemudik asal Jakarta tujuan Kudus, Jateng, Jumat 22 Desember 2017 malam.

Ia menambahkan, arus lalu lintas kendaraan dari arah Jakarta via tol Cikarang Utama hingga ke Kerawang timur terjadi kemacetan parah. Kendaraan mengular panjang mungkin sampai 5 km lebih tadi sore," kata dia.

Hal senada diungkapkan, Yunita (30) seorang pemudik asal Tangerang tujuan Semarang. Ia harus bersabar saat antre di gerbang tol Cikarang Utama yang cukup lama hingga 2 jam.

"Enggak tahu tadi kok antreannya bisa sampai lama begitu. Padahal kan pembayaran tol sekarang sudah nin tunai semua. Harusnya lebih cepat ini kok malah lama," keluh Yunita.

Meskipun mengalami antrean panjang di gerbang tol, ia mengatakan arus lalu lintas masih relatif ramai lancar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini