Sukses

Lalu Lintas di Tol Pejagan-Brebes Ramai Lancar Siang Ini

Saat ini cuaca di wilayah Brebes dan sekitarnya tampak cerah. Terik matahari cukup menyengat kulit.

Liputan6.com, Brebes - Arus lalu lintas kendaraan pemudik dari arah Jakarta ke Semarang, Jawa Tengah, via jalur Pantura atau ruas Tol Pejagan-Brebes terpantau ramai lancar, hari ini, Sabtu (23/12/2017).

Sejak pagi, sekitar pukul 07.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB, dominasi kendaraan yang melintas adalah mobil pribadi, bus, dan sejumlah truk muatan berat.

Wakapolres Brebes Kompol Wahyudi mengatakan, arus lalu lintas kendaraan baik di jalur Pantura Brebes-Tegal atau ruas Tol Pejagan-Brebes Timur situasi ramai lancar.

"Karena memang kepadatan arus lalu lintas dan arus puncak sudah terjadi sejak Jumat (22/12) malam hingga Sabtu dini hari tadi," ucap Wahyudi.

Kendati demikian, ia memprediksi kepadatan arus lalu lintas kembali menunjukkan peningkatan pada sore dan malam hari nanti.

"Karena pemudik dari Jakarta belum semuanya berangkat ke berbagai kota di Jateng, DIY dan Jatim. Mungkin mereka berangkat pagi dan mulai melintas di Brebes sore nanti. Makanya kita perlu waspadai hal ini," ia menambahkan.

Polisi, kata dia, terus berkoordinasi dengan satlantas Tegal Kota dan petugas di tol Palimanan terkait situasi info terkini arus lalu lintas.

"Kalau dari arah tol di Palimanan sudah mulai padat dan terjadi antrean panjang hingga 3 km, kita buka lagi rekayasa lalu lintas contraflow hingga perbatasan Tegal Kota. Sementara di pertigaan Brexit sistem buka tutup," kata dia.

Saat ini cuaca di wilayah Brebes dan sekitarnya tampak cerah. Terik matahari cukup menyengat kulit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalur Tengah dan Selatan Mulai Padat

Tak hanya di jalur Pantura dan tol saja yang padat, jalur tengah dan selatan juga mulai dipadati mobil pemudik sejak Jumat 22 Desember 2017 malam hingga kini.

Para pemudik memilih melalui jalur tengah dan selatan ke arah Purwokerto dan DIY. Meskipun arus lalu lintas ramai tapi perjalanan cukup lancar.

Hanya di beberapa titik persimpangan dan pasar yang membuat arus lalu lintas tersendat. Terlebih empat fly over yang dibangun dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Ian (38) warga Purwokerto mengaku cukup menikmati perjalanan dirinya dari Jakarta menuju ke kampung halamanya. Selain tak ada kemacetan yang berarti, arus lalu lintas terpantau ramai lancar.

"Ya seneng sih pulang mudik kaya gini nggak macet. Paling itu tadi di beberapa titik yang membuat arus lalu lintas tersendat," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Kondisi Palimanan

Lalu lintas di gerbang Tol Palimanan menuju Kanci padat merayap pada libur Natal kali ini. Antrean jelang gerbang Tol Palimanan menuju Kanci kurang lebih 5 km.

Menurut Abdi, salah seorang pengemudi yang melintasi Tol Palimanan, Sabtu (23/12/2017) pagi ini, dia harus bersabar menunggu antrean kendaraan.

"Kepadatan baru terurai setelah gerbang," kata dia kepada Liputan6.com.

Dia mengatakan, kendaraan yang melintas didominasi kendaraan pribadi dan beberapa bus. Namun, masih ada truk yang melintas di Palimanan-Kanci. "Padahal kan enggak boleh," keluhnya.

Abdi menambahkan, saat ini tol menuju Plumbon dan Semarang lancar.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.