Libur Mudik Natal dan Tahun Baru, Sejumlah Ruas Tol Dipadati Kendaraan

Oleh Mevi Linawati pada 23 Des 2017, 08:39 WIB
Diperbarui 23 Des 2017, 08:39 WIB

Fokus, Purwakarta - Menyambut libur Natal dan tahun baru, ribuan kendaraan dari arah Jakarta menuju Bandung dan sejumlah kota lainnya di Jawa Tengah, mengular di ruas Tol Cipularang dan Palimanan, Cirebon hingga di ruas Tol Brebes Timur pada Jumat malam, 23 Desember 2017.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Sabtu (23/12/2017), ribuan kendaraan dari arah Jakarta terus memadati ruas Tol Cipularang, Purwakarta. Kepadatan terjadi sejak siang hari menyusul libur Natal dan tahun baru, serta bertepatan dengan libur masa sekolah. Selain dipadati kendaraan pribadi, jalur ruas Tol Cipularang juga dipenuhi kendaraan besar dengan tujuan Kota Bandung.

Di Kabupaten Cirebon, antrean panjang kendaraan terjadi di ruas Tol Palimanan, arus kendaraan yang didominasi roda empat pribadi dan bus terus mengalir tak terputus memasuki loket pembayaran tol. Selain karena meningkatnya volume kendaraan pada libur panjang akhir pekan dan Natal, lambatnya proses transaksi menjadi biang terjadinya antrean di exit Tol Cipali. Meski belasan loket pembayaran telah dibuka, antrean panjang ini tak mudah diurai.

Di Brebes, Jawa Tengah, arus kendaraan yang melalui Tol Pejagan - Brebes Timur dan jalur pantura juga mengalami lonjakan. Petugas sempat beberapa kali melakukan rekayasa lalu lintas dengan sistem contra flow di jalur pantura arah Semarang melalui Kota Tegal.

Mengantisipasi kemacetan panjang, Kementerian Perhubungan telah menyiapkan sejumlah alternatif, dengan bekerja sama pihak kepolisian dan Jasa Marga.