Sukses

Hari Ibu di Papua, 5 Menteri Jokowi Baca Puisi Depan Mama-Mama

Presiden Jokowi meminta lima perempuan menteri itu membaca puisi berjudul 'Pesan Ibu Bangsa'.

Liputan6.com, Jakarta - Tepat hari ini, 22 Desember, bangsa Indonesia memperingati Hari Ibu. Mengangkat tema "Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya", peringatan Hari Ibu ke-89 dipusatkan di Lapangan Waisai Torang Cinta (WTC), Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

Acara ini dihadiri Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, bersama sejumlah perempuan menteri.

Acara ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat Papua. Mulai dari atraksi seni dan budaya, kuliner, komoditas jualan pasar, hingga hasil industri rumahan yang ditampilkan oleh mama-mama Papua.

"Hari ini kita memperingati Hari Ibu. Artinya, kita juga memperingati hari mama-mama Papua, karena mereka adalah Indonesia," ujar Jokowi mengawali sambutannya di hadapan mama-mama Papua, Jumat (22/12/2017).

Dalam keterangan tertulis yang diterima dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) disebutkan, Presiden memanggil beberapa mama Papua untuk berdialog terkait dagangan mereka di pasar.

Lebih jauh Presiden mengatakan, perempuan di Indonesia benar-benar sudah diberikan ruang dalam pembangunan bangsa Indonesia. Ini terlihat dari sembilan perempuan menteri di dalam Kabinet Kerja Jokowi-JK.

"Bahkan di negara Amerika Serikat pun belum pernah ada presiden perempuan. Indonesia sudah pernah memiliki presiden perempuan, yakni Ibu Megawati Soekarnoputri," kata Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5 Perempuan Menteri Baca Puisi

Kelima perempuan itu adalah Menko PMK Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pujiastuti, serta Menteri Kehutanan Siti Nurbaya.

Kemudian Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise.

Presiden juga memanggil lima perempuan menteri yang hadir dalam acara, yakni Puan Maharani, Retno Marsudi, Nila Moeloek, Yohana Yembise, dan Siti Nurbaya untuk maju membacakan puisi berjudul "Pesan Ibu Bangsa".

 

3 dari 3 halaman

Kegembiraan Menteri Yohana

Sementara itu, Menteri PPPA Yohana Yembise menyatakan gembira puncak Peringatan hari Ibu 2017 diselenggarakan di Raja Ampat, Papua Barat.

"Puji syukur hari ini kita semua termasuk mama-mama Papua, dapat memperingati Hari Ibu bersama Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara. Ini bukti nyata bahwa negara hadir di wilayah 3 T, yakni tertinggal, terluar, dan terpencil," ujar Yohana.

Peringatan Hari Ibu merupakan momentum untuk mengenang dan menghargai semangat dan perjuangan kaum perempuan, dalam pergerakan merebut, menegakkan, dan mengisi kemerdekaan bangsa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.