Kampanye Membaca, Ibas Buat Perpustakaan Keliling di Pacitan

Oleh Luqman Rimadi pada 21 Des 2017, 01:15 WIB
Diperbarui 21 Des 2017, 01:15 WIB
Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas)
Perbesar
Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Fraksi Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) menyoroti budaya membaca yang dianggap masih kurang dikalangan generasi muda saat ini.

Padahal, membaca merupakan salah satu cara agar generasi muda saat ini dapat bersaing di era globalisasi.

Menurut Ibas, kemajuan tekonologi dan akses informasi yang cepat seharusnya tidak meredam minat baca, buku tetap penting dibaca.

"Buku adalah jendela dunia, dengan buku seorang pembaca bukan hanya dituntut untuk menyerap informasi tetapi juga mengkritisi, dengan buku level kecerdasan dan pengetahuan menjadi terangkat," ujar Ibas saat menyerahkan bantuan pengawalan mobil perpustakaan keliling di SMKN 1 Donorojo Pacitan, dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu, 20 Desember 2017. 

Menurut dia, pentingnya ilmu pengetahuan sebagai jendela dunia menurut Ibas harus tertanam sedini mungkin kepada siswa siswi penerus bangsa. Tak terkeciali bagi para pelajar di daerah kelahiran Presiden RI ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono itu.

Karena itu, Ibas memberikan bantuan pengawalan mobil perpustakaan keliling untuk warga Pacitan Jawa Timur sebagai upaya merangsang minat baca warga hingga ke pelosok desa dan lingkungan di daerah tersebut.

2 dari 2 halaman

Jangkau Warga Pedalaman

20160120- Fraksi Partai Demokrat Tolak Revisi UU Terorisme dan BIN-Jakarta
Perbesar
Ketua Fraksi Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (tengah). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Perpustakaan keliling ini juga diharapkan mampu menyentuh warga hingga ke desa-desa di Pacitan. Dengan kontur daerah Pacitan yang berbukit, bukan tidak mungkin masih banyak warga yang sulit menjangkau fasilitas seperti perpustakaan. 

"Cita-cita dan kesuksesan adalah milik kita semua, milik adik-adik dan seluruh masyarakat Pacitan. Manfaatkanlah mobil pepustakaan keliling ini bisa memperkuat armada yang sudah ada menjadi fasilitas menambah minat baca bagi warga," ucap dia.

Manfaat membaca buku menurut Ibas, juga membuat anak-anak berhenti kecanduan gadget. Menurut dia, di arus informasi yang sedemikian cepat gadget mampu menyihir anak-anak untuk terus memandangi layar ponsel.

"Biasanya anak-anak membaca buku, sebab budaya baca buku mesti diterapkan sedini mungkin," jelas dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait