Sukses

Golkar Cabut Dukungan ke Ridwan Kamil, PKB Pilih Tetap Setia

PKB yang juga mendukung Ridwan Kamil menyayangkan keputusan Golkar.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tidak terpengaruh dinamika politik di Pilgub Jawa Barat. Partai Golkar membuat perubahan dengan mencabut dukungannya terhadap Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

PKB yang juga mendukung Ridwan Kamil menyayangkan keputusan Golkar. Namun, Wasekjen PKB Daniel Johan menegaskan hal itu tidak mengubah pendirian partainya.

“Kami berharap Golkar tetap dalam koalisi, kalaupun tetap keluar PKB akan tetap setia mengawal Ridwan Kamil,” kata Daniel Johan kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin (18/12/2017).

Ia berujar, partainya bersama partai lainnya yang sudah mendukung Ridwan Kamil akan berusaha tetap kompak dan tetap berkoordinasi. Daniel berharap, jalan Ridwan Kamil bisa lancar untuk menjadi calon gubernur Jabar.

“PKB akan menjaga kebersamaan dan kekompakan koalisi yang ada,” ujar Daniel.

Wakil Ketua Komisi IV DPR ini menambahkan, secara matematis, koalisi pendukung Ridwan Kamil bisa jalan terus. Sebab, partai pendukung yang tersisa masih memiliki 21 kursi di DPRD.

Jumlah itu cukup untuk mendaftarkan Ridwan Kamil sebagai cagub. Koalisi hanya membutuhkan minimal 20 kursi di DPRD Jabar sebagai syarat mengusung calon. Partai yang masih setia mendukung Ridwan Kamil, yakni Nasdem 5 kursi, PKB 7 kursi, dan PPP 9 kursi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pencabutan Dukungan sudah Dikaji

Plt Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan, pencabutan dukungan terhadap Ridwan Kamil sebagai calon gubernur di Pilkada Jawa Barat 2018 sudah melalui kajian mendalam. Dia menepis ada timbal balik dalam putusan tersebut.

"Kalau timbal balik itu sesudah munas, tapi ini kan sebelum munas," ucap Airlangga Hartarto di JCC Senayan, Jakarta, Senin (18/12/2017).

Dia enggan menyebut nama Dedi Mulyadi langsung sebagai calon pengganti. Semuanya akan dibahas di internal usai munaslub.

"Itu yang akan dibahas di internal. Sesudah munas luar biasa," jelas Airlangga.

Di tempat yang sama, Dedi Mulyadi menuturkan tidak ada timbal balik dukungannya ke Airlangga Hartarto.

"Enggak. Saya konsen dukung perubahan Golkar bukan dasar pencalonan Pilgub Jabar. Dasar saya adalah ingin perubahan Partai Golkar. Dan sekarang sudah mulai terasa dampaknya. Dan kita sudah rasakan positif," tegas Dedi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.