Sukses

Di Sukabumi Gempa 4,5 SR, Warga Diimbau Tenang

Dampak gempabumi berupa guncangan dirasakan di wilayah Sukabumi dan sekitarnya.

Liputan6.com, Jakarta Gempa mengguncang sejumlah daerah di Pulau Jawa, Jumat (15/12/2017) malam ini.

Di Sukabumi, Jawa Barat gempa terjadi pukul 23.04 WIB dengan kekuatan 4,5 skala Richter. Pusat gempa terletak pada koordinat 7.29 LS dan 106.69 BT, tepatnya pada jarak 48 km barat daya Sukabumi, dengan kedalaman 50 km.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan Joko Siswanto mengatakan, peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan, dampak gempabumi berupa guncangan dirasakan di wilayah Sukabumi dan sekitarnya.

"Berdasarkan laporan masyarakat, gempa dirasakan di daerah Jampang dan Surade I SIG-BMKG (I-II MMI). Namun demikian hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan," ujar Joko dalam keterangan tertulisnya.  

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi ini merupakan gempabumi kedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia yang mengakibatkan deformasi batuan.

Hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan, belum terjadi gempa susulan. Untuk itu kepada masyarakat di daerah Sukabumi dan sekitarnya diimbau tetap tenang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.