Sukses

Bareskrim Bekuk 4 Pengedar Uang Palsu di Karawang

Mereka ditangkap di halaman Rumah Sakit Mandaya, Karawang, Jawa Barat, pada 3 Desember 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri menangkap empat pengedar uang palsu di Karawang, Jawa Barat.

Direktur Tipid Eksus Bareskrim Polri Brigjen Agung Setya mengatakan, keempat pelaku yang ditangkap berinisial AS, AK, TT, dan CM. Mereka ditangkap di halaman Rumah Sakit Mandaya, Karawang, Jawa Barat, pada 3 Desember 2017.

"Mereka diduga mengedarkan uang kertas palsu pecahan Rp 100.000 (seratus ribu rupiah) tersebut seolah-olah asli dan tidak dipalsukan," kata Agung dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Agung menuturkan, awalnya penyidik mendapat informasi tentang adanya peredaran uang palsu di wilayah Jawa Barat. Kemudian, ucap Agung, penyidik menyamar sebagai pembeli.

Pelaku kemudian sepakat bertransaksi di halaman RS Mandaya, Karawang, Jawa Barat, pada 3 Desember 2017 malam. 

"Pada pukul 23.30 WIB penyidik bertransaksi dengan pelaku. Setelah itu pelaku memperlihatkan uang yang diduga palsu, kemudian penyidik langsung mengamankan pelaku beserta barang bukti (uang palsu)," ucap Agung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buru Pelaku Lain

Dari tangan pelaku, polisi mendapati barang bukti berupa uang palsu pecahan Rp 100 ribu sebanyak 500 lembar siap edar.

"Kemudian tersangka dan barang bukti dibawa ke Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat, guna dilakukan pemeriksaaan lebih lanjut," ucap Agung.

Kini, sambung Agung, pihaknya masih memburu pelaku lainnya yang diduga sebagai pembuat uang palsu tersebut. Atas perbuatannya, keempat pelaku yang telah diamankan itu dijerat dengan Pasal 36 ayat (2) dan atau ayat (3) UU Nomor 7 tahun 2011 tentang Mata Uang.

Saksikan vidio pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.