Sukses

BMKG Bandung Imbau Masyarakat Jabar Waspada Siklon Dahlia

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung menilai siklon tropis Dahlia sangat berpengaruh terhadap cuaca di Jawa Barat.

Liputan6.com, Bandung - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung menilai siklon tropis Dahlia akan sangat berpengaruh terhadap cuaca di Jawa Barat. BMKG memprediksi siklon Dahlia akan terjadi selama tujuh hari.

Seperti ditayangkan Liputan6 Pagi SCTV, Senin (4/12/2017), siklon Dahlia diprediksi akan berdampak terjadinya hujan lebat, angin kencang, tingginya gelombang laut, dan petir. Siklon Dahlia di Jawa Barat berpotensi mengakibatkan terjadinya bencana banjir, longsor, dan pohon tumbang.

Sementara itu, siklon tropis Dahlia terjadi akibat pertemuan angin di Samudera Hindia. Siklon ini tidak bisa diperkirakan kapan datangnya. Namun, siklon tropis Dahlia tidak terjadi setiap tahun.

Karena dampak siklon tropis Dahlia di Jawa Barat, BMKG Bandung mengibau agar warga waspada. Apalagi, saat ini turun hujan disertai angin kencang karena akan berpotensi terjadinya banjir, pohon tumbang, serta papan reklame roboh.

Pantauan BMKG menyebutkan, siklon tropis Cempaka yang selama ini melanda sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk Jawa Barat, telah melemah. Siklon ini pun telah bergerak ke arah barat daya menjauhi perairan Indonesia.