Tim Gabungan Evakuasi 4 Keluarga dari Lereng Gunung Agung

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 01 Des 2017, 19:18 WIB
Diperbarui 01 Des 2017, 19:18 WIB

Liputan6.com, Bali - Petugas gabungan Basarnas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan kepolisian berhasil mengevakuasi empat keluarga dari Dusun Abianting Kelod, Desa Jungutan, Karangasem, Bali.

Seperti ditayangkan Liputan6 Petang SCTV, Jumat (28/1/2017), selain mengevakuasi petugas juga mengangkut kendaraan pribadi milik warga untuk digunakan di lokasi pengungsian.

Lokasi dusun Abianting Kelod memang berada di kawasan Kawasan Rawan Bencana (KRB) III yang termasuk zona merah. Untuk menghindari dampak dari hujan abu vulkanik Gunung Agung, warga memilih mengungsi.

Salah satu lokasi pengungsian ada di Kabupaten Bangli. Namun, beberapa warga ada yang masih bertahan dan beraktivitas seperti biasa. Seperti membuka usaha warung.

Kondisi Gunung Agung hingga kini masih mengeluarkan asap dan abu vulkanik. Gunung tertinggi di Bali ini juga berada dalam status awas pada level 4.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) juga masih merekomendasikan zona merah berada dalam radius 8 kilometer dan sektoral pada 10 kilometer. Sehingga mereka yang berada di bawah radius zona merah diminta segera mengungsi.