Sukses

Jokowi: Ajarkan Anak-Anak Kita Teladani Kejujuran Rasulullah

Jokowi juga berharap agar seluruh umat Islam bekerja keras guna menciptakan 'Madinah'‎ baru di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - ‎Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta seluruh orangtua untuk mengajarkan kepada anak-anaknya meneladani sikap Nabi Muhammad SAW. Hal ini dia sampaikan saat memperingati perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Kita harus mengajarkan kepada anak-anak kita untuk meneladani Rasulullah yang uswatun hasanah, yang berwatak mulia, yang lemah lembut, yang jujur, yang santun, yang amanah, yang selalu menyampaikan kebenaran," ujar Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis, 30 November 2017.

Jokowi juga berharap agar seluruh umat Islam bekerja keras guna menciptakan "Madinah" baru di Indonesia. Sebab, berdasarkan catatan sejarah, Madinah merupakan kota madani yang menjadi teladan umat manusia dunia pada saat kepemimpinan Nabi Muhammad SAW.

"Kita berkomitmen dan bekerja keras untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah kita, ukhuwah watoniah kita, ukuwah insaniyah, dan ukuwah basariah kita," ucap Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, di bidang ekonomi, yang kaya harus membantu yang miskin.

Untuk itu pemerintah, lanjut dia, memiliki program Bank Wakaf Mikro, Kredit Usaha Rakyat, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat, dan Program Keluarga Sejahtera.

"Dan itulah semangat dari keberadaan lembaga keuangan Bank Wakaf Mikro yang memberikan kemudahan bagi usaha mikro, usaha kecil, usaha menengah milik umat dalam pengajuan pembiayaan-pembiayaan," tutur Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berlangsung Sederhana

Peringatan Maulid Nabi yang digelar di Istana Bogor berlangsung secara sederhana dengan hanya mengundang para alim ulama, santri, dan sejumlah jemaah pengajian.

Peringatan Maulid Nabi diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alquran beserta terjemahannya.

Jokowi juga mengundang beberapa duta besar negara-negara sahabat serta santri dari Pesantren Nurul Fata milik Habib Hasan Alatas dari Empang Bogor dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW hari ini.

Sementara, yang memberikan Hikmah Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, yaitu Habib Jindan bin Jindan bin Novel bin Salim bin Jindan.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.