Robot Anjing Ini Akan Pingsan Bila Cium Bau Kaki

Oleh Muhammad Ali pada 30 Nov 2017, 04:59 WIB
Diperbarui 30 Nov 2017, 04:59 WIB

Liputan6.com, Tokyo - Sebuah bom mobil dengan daya ledak cukup kuat meledak di Gedung Kementerian Keuangan di Kota Aden, Yaman, Rabu, 29 November 2017 waktu setempat. Ledakan di kota pelabuhan di Yaman bagian selatan tersebut menyebabkan lima orang tewas dan 12 lainnya terluka.

Tak hanya itu, kerasnya ledakan juga merusak sejumlah rumah di dekat lokasi kejadian dan memicu kebakaran. Kelompok ISIS mengklaim sebagai dalang peledakan tersebut. Berita ini mengawali Jendela Dunia dalam Liputan6 Malam SCTV, Kamis (30/11/2017).

Sementara itu, PBB menggelar sidang pengadilan internasional untuk kejahatan perang atas mantan kepala angkatan bersenjata Bosnia, Slobodan Praljak, di Den Haag, Belanda. Sidang terpaksa dihentikan sesaat setelah vonis dibacakan.

Ketika hakim pengadilan perang PBB menetapkan hukuman 20 tahun penjara untuk keterlibatannya dalam perang Bosnia awal tahun 1990-an, Praljak tiba-tiba berteriak menolak dinyatakan sebagai penjahat perang dan meminum cairan dari botol yang disebutnya racun. Praljak lantas dilarikan ke rumah sakit.

Sedangkan di Tokyo, Jepang, Pameran Robot Internasional ke-22 menampilkan ratusan robot menarik. Ada robot THR3 dari Toyota yang bisa melakukan gerakan Tai Chi.

Robot setinggi 1,5 meter dengan berat 50 kilogram itu dikendalikan oleh manusia dengan alat VR. THR3 diproyeksikan sebagai robot pembantu mobilitas manusia di rumah pada masa depan.

Selain THR3, ada pula robot Hana-chan. Robot berbentuk anjing karya Next Technology yang sensitif terhadap bau tersebut akan berlagak pingsan jika mencium bau kaki.

Sedangkan Profesor Ninoru Nakazawa dari Institut Teknologi Kanazawa menawarkan kursi roda yang bisa dikendalikan hanya oleh pikiran pemakainya. Selain itu, ada pula robot yang bisa membantu manula berpakaian karya Profesor Tomohiro Shibata dari Institut Teknologi Kyushu.

Pameran Robot Internasional yang digelar dua tahun sekali ini adalah pameran robot terbesar dunia. Pameran ini juga menampilkan bermacam jenis robot dari industri, rumah tangga, hingga mainan.