Sukses

Getaran Gunung Agung Melebihi Ambang Batas, Berpotensi Terjadi Letusan

Gunung Agung Selasa siang mengalami tremor selama setengah jam dan berpotensi terjadi letusan besar.

Fokus, Bali - Aktivitas vulkanik Gunung Agung Selasa siang mengalami tremor atau getaran selama setengah jam dan berpotensi terjadi letusan besar secara tiba-tiba. Pos pemantau akan mengevaluasi dan memperbesar zona bahaya.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Selasa (28/11/2017), alat seismogram pos pantau di Desa Rendang, Kabupaten Karangasem mencatat getaran melebih ambang batas yang bisa tercatat. Petugas langsung mengarahkan warga untuk meninggalkan lokasi pos pantau.

Getaran terjadi akibat aktivitas magma di dalam kawah menuju puncak tergolong tinggi sehingga berpotensi terjadi letusan. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) segera mengevaluasi luas zona bahaya karena khawatif erupsi terjadi seketika.

Tingginya aktivitas vulkanik Gunung Agung terlihat di perbatasan Kecamatan Karangasem dan Buleleng. Aliran lahar dingin mengalir di sungai galian pasir di Desa Sukadana. Aliran lahar menebar bau belerang yang cukup menyengat.

Meski bahaya mendekat, aktivitas pertambangan Galian C di Desa Kubu masih terlihat. Pemerintah dan aparat telah mengelarkan edaran zona bahaya menghentikan aktivitas penambangan, namun warga masih ada yang tak patuh. Petugas mengimbau para penambang segera mengevakuasi alat berat dan truk karena ancaman banjir lahar dingin bisa datang secara tiba-tiba.