Sukses

Ketika Kahiyang Ayu Hanyutkan Masa Gadisnya di Tepian Sungai

Sungai buatan ini disediakan lantaran lokasi acara ini jauh dari sungai yang sesungguhnya.

Liputan6.com, Medan - Pesta adat Kahiyang Ayu-Bobby Nasution masih terus berlangsung. Pada prosesi puncak ini, Kahiyang berdandan layaknya putri raja Tapanuli Selatan. Berpakaian adat berwarna merah, Kahiyang berjalan menuju sungai buatan yang disiapkan oleh panitia acara.

Sungai buatan ini disediakan lantaran lokasi acara ini jauh dari sungai yang sesungguhnya. Prosesi ini disebut Tu Tapian Raya Na Martua. Di belakang Kahiyang, ada Bobby Nasution yang juga berpakaian adat Tapanuli Selatan. Dalam prosesi ini, keduanya disahkan menjadi suami istri.

Saat berjalan, Kahiyang membawa berbagai dedaunan kas Tapanuli Selatan. Dedaunan ini, sebagai simbol seseorang telah melepas masa lajang dan memasuki masa berkeluarga.

Sampai di lokasi air mancur yang didesain layaknya sungai, tetua adat memberikan nasihat dan menjelaskan arti dari ritual tersebut. Mereka kemudian diperciki air menggunakan daun.

Ditutup dengan kalimat Horas, prosesi itu menjadi simbol keduanya telah resmi meninggalkan masa lajang.

Di masa lalu, prosesi itu dilaksanakan di tepian sungai. Dengan arti menghanyutkan masa lajang, mereka kemudian dianggap sudah menjadi orangtua dan sah sebagai suami istri.

Menurut tetua yang memimpin upacara ini, Kahiyang harus dibawa ke tapian untuk menghanyutkan masa gadisnya. Upacara ini wajib dilakukan untuk pengantin Tapanuli Selatan meski Kahiyang dan Bobby sendiri telah resmi menikah di Solo beberapa waktu lalu.

Dari tapian, Kahiyang dan Bobby juga membawa 7 buah batu dari tepian sungai itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Menari Tortor

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menari tortor atau manortor di hadapan keluarga besar menantunya, Bobby Nasution.

Dengan berbalut kain ulos berwarna merah marun Jokowi tampak menikmati tarian itu. Sesekali, Jokowi menengok kanan kiri untuk menyesuaikan gerakan dengan para tetua dari keluarga Bobby.

Tarian ini dilakukan setelah Jokowi mendapat kain ulos sebagai tanda pengukuhan pemberian marga Siregar kepada orang nomor satu di Indonesia itu.

Setelah Jokowi, giliran Iriana Jokowi yang menari tortor bersama para ibu dari keluarga Bobby Nasution. Dengan kebaya dan kerudung merah menyala, Iriana anggun dan lihai melakukan manortor. Saat menari, Iriana juga dibalut kain ulos di pundaknya.

Selain Manortor, akan ada pula prosesi upah-upah dan peresmian gelar.

Kahiyang Ayu sendiri kini telah resmi menyandang marga Siregar. Dengan begitu, sang ayah yakni Jokowi secara tidak langsung juga menyandang marga tersebut.

"Pak Jokowi otomatis jadi marga Siregar," tutur Presiden Siregar Seluruh Dunia, Muhammad Yusuf Siregar di Bukit Hijau Regency (BHR), Kota Medan, Sumatera Utara, Jumat 24 November 2017.

Menurut Yusuf, Jokowi tinggal menjalani prosesi pemberian kain ulos saja. Setelah pengulosan, maka Jokowi resmi bermarga Siregar.

"Kita bisa ulosi supaya resmi bermarga Siregar," jelas dia.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.