Sukses

Jokowi Menari Tortor di Pesta Adat Kahiyang-Bobby

Tarian ini dilakukan setelah Jokowi mendapat kain ulos sebagai tanda pengukuhan pemberian marga Siregar kepada orang nomor satu di Indonesia

Liputan6.com, Medan - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menari tortor atau manortor di hadapan keluarga besar menantunya, Bobby Nasution.

Dengan berbalut kain ulos berwarna merah marun Jokowi tampak menikmati tarian itu. Sesekali, Jokowi menengok kanan kiri untuk menyesuaikan gerakan dengan para tetua dari keluarga Bobby.

Tarian ini dilakukan setelah Jokowi mendapat kain ulos sebagai tanda pengukuhan pemberian marga Siregar kepada orang nomor satu di Indonesia itu.

Setelah Jokowi, giliran Iriana Jokowi yang menari tortor bersama para ibu dari keluarga Bobby Nasution. Dengan kebaya dan kerudung merah menyala, Iriana anggun dan lihai melakukan manortor. Saat menari, Iriana juga dibalut kain ulos di pundaknya. 

Iriana Jokowi menari tortor

Selain Manortor, akan ada pula prosesi upah-upah dan peresmian gelar.

Kahiyang Ayu sendiri kini telah resmi menyandang marga Siregar. Dengan begitu, sang ayah yakni Jokowi secara tidak langsung juga menyandang marga tersebut.

"Pak Jokowi otomatis jadi marga Siregar," tutur Presiden Siregar Seluruh Dunia, Muhammad Yusuf Siregar di Bukit Hijau Regency (BHR), Kota Medan, Sumatera Utara, Jumat 24 November 2017.

Menurut Yusuf, Jokowi tinggal menjalani prosesi pemberian kain ulos saja. Setelah pengulosan, maka Jokowi resmi bermarga Siregar.

"Kita bisa ulosi supaya resmi bermarga Siregar," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disambut Bak Raja

Jokowi datang di acara puncak prosesi adat pernikahan Kahiyang Ayu Siregar-Bobby Nasution.

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (25/11/2017), Jokowi tiba di Bukit Hijau Regency (BHR) Jalan Setia Budi, Kota Medan, Sumatera Utara sekitar pukul 09.00 WIB. Mereka diantar oleh 10 mobil.

Jokowi sendiri mengenakan jas warna hitam lengkap dengan peci hitam. Selain itu, kain ulos melilit di pinggangnya.

Orang nomor satu di Indonesia itu didampingi oleh sang istri Iriana Jokowi. Nenek dari Jan Ethes itu memakai kebaya warna merah.

Keduanya disambut bagai raja oleh keluarga besar Bobby. Tarian penyambut yang dikenal dengan Mangayapi mengiringi keduanya selama berjalan masuk ke tenda pesta. Aluman gondang sambilan dan instrumen musik lainnya menggema.

Sementara itu, sejumlah tamu undangan sudah hadir sejak pagi. Antara lain Menko Kemaritim Luhut Binsar Pandjaitan.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.