Sukses

Idap Penyakit Langka, Pemuda Ini Tak Bisa Gerakkan Tubuhnya

Mengidap penyakit fibrodysplasia ossificans progressive, tubuh pemuda 18 tahun ini kaku hingga tidak bisa digerakan.

Liputan6.com, Batam - Seorang pemuda bernama Daniel Pradija Avista mengidap penyakit langka yang membuat otot-otot tubuhnya kaku seperti tulang. Akibat penyakit Fibrodysplasia Ossificans Progressive tubuh Daniel tak bisa digerakkan seperti membatu.

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Minggu (19/11/17), tubuh Daniel Pradija Avista, pemuda berusia 18 tahun yang baru lulus sekolah ini tak seperti pemuda lainnya. Kepala, pinggang, kaki serta bagian tubuh lainnya tak bisa digerakkan kecuali jari-jari tangan Daniel yang masih bisa digerakkan sesekali.

Hampir dua tahun Daniel berjuang melawan penyakit langka yang diderita satu dari dua juta orang di dunia. Daniel pernah berobat ke RSCM di Jakarta dengan menggunakan BPJS. Ia juga pernah mendapat bantuan dari pemerintah dan sebuah yayasan. Namun penyakit Daniel ternyata belum ada obatnya dan hanya ada satu kasus di Indonesia untuk saat ini.

Saat ini Daniel hanya dirawat orang tuanya di perumahan Kavling Sagulung Mandiri, Kecamatan Sagulung, Batam. Anak sulung dari pasangan Sapta dan Vivi ini masih berharap bisa mencapai cita-citanya menjadi ahli photoshop.