Sukses

Jokowi Apresiasi Tokoh Adat Turut Lestarikan Budaya Bangsa

Jokowi mengatakan, Indonesia merupakan negara yang beragam dan hal tersebut patut disyukuri.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumpulkan para kepala suku dan tokoh adat se-Indonesia di Istana Bogor Jawa Barat.

Jokowi mengatakan, Indonesia merupakan negara yang beragam dan hal tersebut patut disyukuri.

"Keragaman suku, agama, adat istiadat dan budaya merupakan kekayaan. Anugerah Tuhan. Ini patut disyukuri. Data yang ada di kami, Indonesia punya 714 suku. Jumlah yang kalau kita bandingkan dengan negara lain adalah sangat besar," kata Jokowi di Istana Bogor Jawa Barat, Kamis (16/11/2017).

Jokowi memberikan apresiasi kepada para kepala suku dan tokoh adat serta masyarakat setempat yang telah merawat adat istiadat dan budaya di masing-masing daerah di Indonesia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyatakan siap memfasilitasi setiap hal yang berkaitan dengan adat istiadat budaya, salah satunya renovasi rumah dan lembaga adat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kekayaan Budaya

"Insyaallah kita siap untuk merenovasi rumah-rumah adat, lembaga adat, akan kita jaga," ucap Jokowi.

Menurut dia, rumah adat merupakan salah satu kekayaan budaya di Indonesia. Jangan sampai bangsa Indonesia kehilangan kekayaan yang dapat menyejahterakan negara.

"Kalau misalnya ada rumah adat untuk renovasi, pemerintah sekarang punya anggaran untuk renovasi itu. Kalau rumah adat yang kira-kira anggarannya tidak banyak, bisa ke Kemendikbud. Kalau keraton yang gede, silakan ke Menteri PU," jelas dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.