Sukses

Ini Titik Genangan di Jakarta Usai Diguyur Hujan

Hujan mengguyur Jakarta sejak sekitar pukul 15.00 WIB, Minggu (12/11/2017). Genangan air pun muncul di sejumlah wilayah.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan mengguyur Jakarta sejak sekitar pukul 15.00 WIB, Minggu (12/11/2017). Genangan air pun muncul di sejumlah wilayah.

Informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, genangan air terpantau ada di RT 015 RW 05 Kecamatan Cengkareng, Kelurahan Kapuk, Jakarta Barat. Intensitas hujan yang tinggi membuat genangan air dengan ketinggian 30-40 cm merendam kawasan itu pada pukul 16.04 WIB.

"Upaya yang sudah dilakukan BPBD DKI Jakarta membantu proses koordinasi dengan SKPD terkait melalui Pusat Data dan Informasi Kebencanaan dan Call Center Jakarta Siaga 112," tulis petugas BPBD lewat akun Twitter @BPBDJakarta.

Genangan air juga terjadi di Kecamatan Cilandak, Kelurahan Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Ketinggian air di kawasan ini terpantau setinggi 20-30 cm akibat intensitas hujan yang tinggi.

Selain itu, di Jalan RS Fatmawati, RT 04 RW 09, Jakarta Selatan, juga terendam air dengan ketinggian 10-20 cm. Saat ini, genangan di lokasi tersebut sedang ditangani petugas pasukan oranye atau PPSU.

Di Jalan Baru II, Kelurahan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tepatnya di dekat Mal Gandaria City juga muncul genangan air setinggi 10-50 cm. Genangan air juga terjadi di depan Halte Transjakarta dekat Pejaten Village dengan ketinggian 10-15 cm.

Air juga merendam Jalan Adhiyaksa arah Lebak Bulus, Jakarta Selatan, dengan ketinggian 10-30 cm. Selain itu, genangan air juga terdapat di Jalan TB Simatupang arah Lebak Bulus setinggi 40 cm dan di Jalan Setia, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, air juga merendam dengan ketinggian 40 cm.

BPBD DKI Jakarta pun mengimbau agar masyarakat selalu berhati-hati terhadap potensi banjir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Solusi Sandi

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menginginkan agar masyarakat Ibu Kota dapat membantu pembangunan sumur resapan, guna mengurangi titik genangan saat musim hujan tiba.

Menurut Sandiaga, 15 dari 17 titik genangan di Jakarta, terdapat dua lokasi yang belum mendapatkan solusi.

"Itu yang 15 sudah punya solusi dan yang dua belum di Kali Krukut, Kemang Selatan," kata Sandiaga di Cipete, Jakarta Selatan, Minggu (5/11/2017).

Mengenai sumur resapan, Sandiaga menyebut, masyarakat di Jakarta Selatan secara partisipatif telah membantu Pemprov DKI Jakarta dalam membangun sumur resapan.

Dari 4 ribu resapan yang diminta Pemprov DKI Jakarta, Sandiaga melanjutkan, ternyata masyarakat telah menyediakan lebih dari yang diinginkan.

"Masyarakatnya (buat) 12 ribu, ini kemitraan yang luar biasa. Masyarakat ingin menyelesaikan masalahnya sendiri," ujar dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.