Sukses

Sandiaga Buka Kemungkinan Merelokasi Warga Kampung Bayam

Dia menuturkan, jika warga harus direlokasi, pihaknya akan mencarikan tempat yang tak jauh dari Taman BMW.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memastikan pembangunan Stadion BMW Jakarta Utara akan dimulai pada 2018 mendatang. Untuk menata Kampung Bayam yang berada di sekitar stadion, Sandi pun meminta masukan dari warga terkait tata kelola kampung.

"Untuk stadionnya di 2018 kita akan siapkan finalisasi, baik konsep dan kemitraan dengan pemerintah dan badan usaha (KPBU). Kita akan lihat desainnya nanti dan kita minta masyarakat masukan juga dari warga seperti apa," kata Sandi di Kampung Bayam, Jakarta Utara, Minggu (12/11/2017).

Menurut dia, meskipun nantinya penataan Kampung Bayam tidak menggunakan KPBU, telah ada beberapa perusahaan yang siap memberikan sumbangan, baik pikiran maupun materiel untuk menata kampung tersebut.

"Kalau Kampung Bayam penataan tidak pakai KPBU, tapi kita ada beberapa perusahaan yang sudah memberikan sumbangan, baik dari pemikiran dan sumbangan-sumbangan untuk pemberdayaan warga. Tapi kita lihat kalau itu masih banyak yang mesti kita pikirkan," jelas Sandi.

Saat ditanya apakah warga Kampung Bayam akan direlokasi, Sandi tidak ingin berspekulasi. Dia menuturkan, jika warga harus direlokasi, pihaknya akan mencarikan tempat yang tak jauh dari Taman BMW.

"Kalau mereka harus direlokasi, kita carikan tempat yang dekat dengan Taman BMW ini, karena Kampung Bayam ini sangat bersejarah," tandas Sandi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kontrak Politik Sandi

Dalam kesempatan ini, Sandiaga juga meninjau penyulingan air di Kampung Bayam dengan didampingi Wali Kota Jakarta Utara Husein Murad.

"Tadi warga melakukan penyulingan pendiri berdasarkan sumur-sumur dari zaman Belanda. Nanti kita lihat bagaimana kenyataannya secara holistik agar tidak cuman air saja, tapi bagaimana mereka juga bisa lihat aspek ekonominya, kebersihannya," tutur Sandi.

Sebagai informasi, pada saat kampanye Pilkada DKI 2017, Sandi telah melakukan kontrak politik dengan warga Kampung Bayam. Kepada warga, Sandi berjanji tidak melakukan penggusuran di lokasi tersebut jika terpilih menjadi wagub DKI Jakarta.

Tak hanya itu, Sandi saat berkampanye juga meresmikan Kampung Kebon Bayam menjadi kampung kreatif Anies-Sandi. Kepada warga, dia mengatakan akan menata kampung tersebut menjadi kampung yang lebih kreatif.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.