Sukses

Lihat Hikmatnya Upacara Tabur Bunga di Tengah Laut

Upacara ini dimaksudkan untuk mengenang arwah para pahlawan yang telah gugur di medan pertempuran.

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang atau Oso menjadi Inspektur Upacara atau Irup Tabur Bunga dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan di tengah laut.

Bertolak dari Jakarta International Container Terminal (JICT) di Tanjung Priok, Jakarta Utara, KRI dr Soeharso-990 berlayar hingga ke tengah laut di perairan Pulau Damar, Kepulauan Seribu.

Sekitar pukul 08.15 WIB, upacara di tengah laut pun dimulai. Upacara ini dimaksudkan untuk mengenang arwah para pahlawan yang telah gugur di medan pertempuran.

Lihat Hikmatnya Upacara Tabur Bunga di Tengah Laut

 

Tepat pukul 08.15 WIB, penghormatan kepada arwah para pahlawan dimulai dan upacara dipimpin oleh Letkol Inf Triono di geladak kapal rumah sakit TNI Angkatan Laut tersebut.

Empat kapal lain yang turut menyertai, yaitu KAL Sanca, KAL Kobra, Kapal KPLP, dan Kapal Polair membunyikan sirine 60 detik untuk mengenang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, Jawa Timur.

Oso kemudian memimpin peserta upacara dari unsur TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan lainnya untuk mengheningkan cipta.

"Untuk mengenang pahlawan yang telah mendahului kita, semoga arwahnya diterima disisinya. Mengheningkan cipta dimulai," ujar Oso di lokasi, Jumat (10/11/2017).

Suasana hening terasa dalam kapal yang berjalan pelan di atas laut dengan ombak yang cukup tenang. Tak terkecuali Soepranoto.

Soepranoto merupakan veteran perang yang sudah menginjak usia 96 tahun namun tetap terlihat khidmat mengikuti upacara. Meskipun harus duduk di atas kursi roda dan dikawal anggota keluarga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Larung Bunga

 

Lihat Hikmatnya Upacara Tabur Bunga di Tengah Laut

Setelah mengheningkan cipta, Oso didaulat untuk melakukan pelarungan bunga ke laut. Ia berjalan ke arah lambung buritan kapal melaksanakan pelarungan bunga sebagai tanda penghormatan kepada arwah para pejuang bangsa yang telah gugur mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Upacara di KRI dr Soeharso-990 berlangsung khidmat. KRI dikeliling kapal pengawal dari pasukan elite TNI AL.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.