Sukses

Tol Becakayu Dibuka, Jalan Raya Kalimalang Lengang

Tol yang dibuka sejak pagi itu langsung diserbu pengendara yang berasal dari kawasan Kalimalang dan kawasan Perumahan Galaxy.

Liputan6.com, Jakarta - Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu atau Becakayu resmi beroperasi. Pada hari pertama operasi, pengendara dapat melewati tol tersebut tanpa dipungut biaya alias gratis. Tol Becakayu diklaim bisa mengurai kemacetan yang selama ini terjadi di ruas Kalimalang menuju Cawang. 

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (4/11/2017) atau hari pertama beroperasi, warga terlihat antusias melewati ruas tol sepanjang 23 kilometer itu.

Tol yang dibuka sejak pagi hari tadi itu langsung diserbu pengendara yang berasal dari kawasan Kalimalang dan Galaxy. Pilihan para pengendara untuk melintasi Tol Becakayu berdampak pada pengendara yang melintas di jalan raya Kalimalang menuju Cawang.

Jalan Kalimalang yang berada di seberang atau sisi kanan akses jalan tol terlihat lenggang. Namun penumpukan kendaraan justru terjadi di arah sebaliknya, yaitu dari arah jalan Cawang menuju Kalimalang sampai Metropolitan Bekasi. Ditambah lagi saat ini hujan deras.

Selain terhambat lantaran traffic light di perempatan Galaxy, para pengendara masih berebut jalan dengan para pengguna Tol Becakayu yang keluar di Caman.

"Tadi saya lewat situ jadi pas keluar ramai kan. Mungkin karena tahap satu masih sampai situ, tapi nanti kan terus bisa sampai Mall Bekasi Barat atau Timur jadi enggak numpuk di Caman," ujar pengendara Avanza, Eko.

Hanya satu gerbang dari dua gerbang tol otomatis yang dibuka di hari pertama ini. Dua gerbang yang nantinya untuk pembayaran cash masih ditutup. Dua orang petugas keamanan berjaga untuk memastikan kelancaran arus di gerbang tol.

Salah seorang warga, Abas  mengaku akan mengajak anak dan istri liburan ke Taman Mini. Dia pun memilih untuk mencoba lewat tol Becakayu. Abas mengaku mengetahui tol Becakayu sudah mulai beroperasi dari tayangan televisi.

"Mau ke taman mini. Kemaren pagi tahu kan udah diresmikan. Ya dicoba aja hari Sabtu gini kan biasanya orang pada keluar kadang macet kalimalang. Pasti ngebantu ini jalan tol, " ujar Abas sebelum memasuki gerbang tol.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapan Jokowi

Presiden Jokowi tidak hadir dalam acara syukuran pengoperasian jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) di Jakasampurna, Bekasi, Jumat (3/11/2017) malam.

Meski begitu, Jokowi titip salam kepada warga Bekasi lewat Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang hadir di atas panggung. Jokowi juga berpesan kepada warga sekitar sekaligus calon pengguna tol Becak Ayu agar dapat memanfaatkan Tol Becakayu dengan baik.

"Harapan beliau (presiden) agar Tol Becakayu ini bermanfaat bagi warga bekasi, " kata Basuki dari atas panggung.

Basuki melanjutkan, presiden sebenarnya ingin datang langsung dan melihat respons warga atas diresmikannya Tol Becakayu. Namun, Jokowi langsung menuju ke Solo.

"Pak Jokowi ke Halim dan langsung terbang ke Solo. Saya menggantikan pak presiden," imbuh dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.