Sukses

Ini Rute Kirab Kereta yang Dinaiki Calon Mantu Jokowi

Calon mantu Jokowi, Bobby Nasution akan naik kereta menuju lokasi pernikahan di gedung Graha Sabha Buana Solo.

Liputan6.com, Solo- Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menikahkan putrinya, Kahiyang Ayu, dengan seorang pria Batak, Muhammad Bobby Afif Nasution alias Bobby. Pernikahan yang digelar pada 8 November 2017 itu akan mengusung adat klasik Jawa.

Calon mempelai laki-laki, Bobby Nasution rencananya naik kereta menuju lokasi pernikahan di gedung Graha Sabha Buana Solo pada 8 November 2017 nanti. Sehingga, jalan yang dilalui iring-iringan kereta calon pengantin akan ditutup sementara untuk kendaraan umum.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Solo, Hari Prihatno mengatakan kereta yang dinaiki calon mempelai pria akan diberangkatkan dari tempat menginapnya di Hotel Alila Solo menuju lokasi pernikahan di Graha Sabha Buana.

"Nanti jalan yang dilalui kereta akan tutup sementara. Setelah kereta lewat langsung akan dibuka kembali," kata Hari di Solo, Sabtu (4/11/2017).

Adapun jalur yang akan dilalui kereta itu, meliputi Jalan Slamet Riyadi antara Hotel Alila hingga persimpangan RS Panti Waluyo. Ditutupnya jalan tersebut menyebabkan arus kendaraan dari arah barat dialihkan menuju Jalan Dr Soeharso.

"Kereta setelah keluar dari Hotel Alila lalu ke kiri menuju Slamet Riyadi dan nanti Panti Waluyo ke utara. Setelah kirab melintas, jalan Slamet Riyadi yang semula ditutup langsung dibuka kembali," ujar Hari.

Selanjutnya, iring-iringan kirab kereta yang dinaiki Bobby Nasution langsung menuju Jalan Ahmad Yani. Dari bundaran pantung Wisnu, Manahan, kemudian kereta lurus dan sampai persimpangan belok kiri menuju Graha Sabha hingga nanti tiba di gedung Graha Sabha Buana.

"Saat ‎iring-iringan kirab kereta melintasi patung Wisnu, nanti kendaraan dari Jalan Adi Sucipto menuju perempatan Manahan ditutup. Jalan akan dibuka lagi ketika kirab sudah meninggalkan kawasan patung Wisnu menuju Sumber," jelasnya.

Kirab tersebut rencananya akan dimulai dari Hotel Alila sejak pukul 08.00 WIB. Sedangkan menurut rencana acara akad nikah yang digelar di Graha Sabha Buana akan dilakukan pada pukul 09.00 WIB.

Sementara itu, kereta yang dinaiki calon mempelai perempuan, Kahiyang Ayu akan berangkat dari kediaman pribadi Presiden Jokowi yang berjarak sekitar 300 meter.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kali Kedua Mantu

Presiden Jokowi akan mantu yang kedua kalinya dalam dua tahun terakhir. Pernikahan anak-anaknya itu digelar di tempat yang sama, yaitu di Graha Sabha Buana. Meski digelar di tempat yang sama, akad nikah akan berlangsung di ruangan yang berbeda.

Pada 11 Juni 2015, putra pertama Jokowi, Gibran Rakabuming Raka menikah dengan mantan Putri Solo, Selvi Ananda. Mereka mengikat janji suci di Graha Saba Buana. Kala itu, akad digelar di bagian depan Graha Sabha Buana.

Pada 8 November 2017, adik Gibran Rakabuming, Kahiyang Ayu, akan dipersunting oleh lelaki keturunan Batak, Bobby Nasution. Pernikahan juga digelar di Graha Saba Buana.

Berbagai persiapan sudah disiapkan, termasuk menyebar undangan. Akan tetapi, untuk lokasi akad berbeda saat pernikahan nanti.

Gibran Rakabuming Raka, juru bicara keluarga Presiden, mengungkapkan, akad akan digelar di ruangan inti Graha Sabha Buana. Pemilihan itu tak lain karena banyaknya jumlah tamu yang akan menghadiri ijab kabul pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

‎Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.