Sukses

Catur Bambang, Modifikator Motor untuk Difabel

Catur Bambang membuktikan, hidup sebagai penyandang disabilitas tetap bisa hidup mandiri, terus berkarya, dan bermanfaat bagi sesama.

Liputan6.com, Tangerang - Seorang penyandang disabilitas, Catur Bambang, berhasil memodifikasi sepeda motor roda tiga untuk para difabel. Sudah ratusan motor standar dari berbagai merek dan jenis yang dia sulap menjadi kendaraan roda tiga.

Seperti ditayangkan Pantang Menyerah dalam Liputan6 Siang SCTV, Jumat (3/11/2017), sejak kedua kakinya diamputasi akibat kecelakaan kerja, Catur tak pernah mau menyusahkan orang lain.

Diawali dengan kebutuhan untuk dirinya sendiri, Catur kini menggeluti usaha modifikasi sepeda motor. Kendaraan tersebut khusus diperuntukkan bagi sesama penyandang disabilitas.

Ada tujuh hingga delapan tipe kendaraan modifikasi roda tiga yang telah dibuat Catur. Semuanya dirancang sesuai keterbatasan fisik dari masing-masing klien.

Para klien yang sebagian besar penyandang disabilitas mengaku puas dengan motor kreasi Catur. Tak hanya membantu keseharian mereka, kendaraan modifikasi itu juga membantu menimbulkan semangat hidup para difabel.

Dari mulut ke mulut dan dibantu jaringan internet, kini bengkelnya di kawasan Rempoa, Tangerang, Banten, terus dibanjiri pesanan dari berbagai pelosok. Tak hanya menghasilkan karya yang bermanfaat, Catur juga bisa membantu menafkahi karyawan yang membantunya di bengkel.

Saat ini, motor roda tiga tak hanya mengubah nasib Catur Bambang dari seseorang yang punya keterbatasan menjadi seorang pengusaha motor roda tiga. Karya Catur bahkan mampu memberi harapan bagi para difabel agar lebih mandiri dan tidak tergantung pada orang lain.

Catur menjadi bukti nyata, hidup sebagai penyandang disabilitas tidak menjadi penghalang untuk tetap hidup mandiri, terus berkarya, dan bermanfaat bagi orang lain.