Sukses

Gempa Kembali Goyang Pulau Ambon, Warga Berhamburan Keluar Rumah

BMKG Ambon mencatat gempa kali ini berkekuatan 4,6 SR.

Liputan6.com, Ambon - Aktivitas warga Kota Ambon kembali terganggu setelah merasakan gempa yang cukup kuat, Kamis (2/11/2017) siang ini.

Warga kota yang sedang berada di dalam rumah maupun di kantor-kantor bergegas keluar ruangan dan berusaha menjauhi bangunan bertingkat saat gempa terjadi. Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ambon mencatat gempa kali ini berkekuatan 4,6 SR, pada kedalaman 10 km, 50 KM arah barat Pulau Ambon.

Kepala Seksi data dan informasi BMKG Andi Ashar meminta warga Kota Ambon tidak panik dan jangan termakan informasi-informasi miring yang beredar.

Dijelaskan, gempa susulan yang masih terjadi sampai saat ini, normal terjadi. Sebab biasanya, setelah gempa kuat diikuti oleh gempa susulan. Di mana, batuan yang bergeser berusaha mencari keseimbangannya kembali.

Hanya saja karena pusat gempa yang tergolong dangkal dan dekat dengan daerah berpenduduk, sehingga masih ada beberapa gempa susulan yang dirasakan.

"Namun yang pasti, aktifitas gempa susulan pasti meluruh baik dari segi kuantitas maupun kekuatan gempanya," kata Andi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diimbau Tetap Tenang

Masyarakat, kata Andi, juga diimbau tetap tenang dan mengikuti informasi dan arahan dari BMKG dan BPBD melalui siaran TV, radio maupun media sosial di Facebook: info BMKG Maluku dan twitter: BMKG Maluku.

"Memeriksa kembali informasi yang diterima sebelum disebarkan serta tidak terpancing isu-isu tidak bertanggung jawab, karena tidak ada potensi tsunami dan tidak mungkin terjadi gempa susulan yang lebih kuat," tandas Andi.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.