Sukses

Polisi: Penculik Anak Asal Korea dan Orangtua Korban Saling Kenal

Berdasarkan penyelidikan sementara, orangtua dari korban KH (10) ternyata memang saling kenal dengan pelaku.

Liputan6.com, Jakarta - Dua penculik anak yang merupakan warga negara Korea Selatan dibekuk di wilayah hukum Polda Metro Jaya pada Rabu 1 November 2017 malam. Berdasarkan penyelidikan sementara, orangtua dari korban KH (10) ternyata saling kenal dengan pelaku.

"Orangtuanya tahunya (si anak) diajak liburan oleh mister Sea Song Woon. Diajak liburan. Tentunya mereka membawa paspor resmi. Saya kurang bisa menjelaskan detail terkait proses atau mekanisme penculikan sendiri di sana. Nanti kita dalami," tutur Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Hendy F Kurniawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (2/11/2017) dini hari.

Hendy menyebut, orangtua dari KH merupakan seorang pengusaha. Pelaku kemudian melakukan pemerasan hingga mendapatkan uang mencapai Rp 1,8 miliar.

"Jadi pelaku memanfaatkan anak-anaknya untuk mengajak KH, untuk diajak liburan ke Bali. Ketika diajak liburan pelaku meminta sejumlah uang kepada orangtua KH," jelas dia.

Pihak kepolisian sendiri menerima laporan penculikan itu pada Rabu 1 November 2017 kemarin sekitar pukul 15.00 WIB. Pihak Kedutaan Besar dan Kepolisian Korea Selatan yang langsung menyambangi Mapolda Metro Jaya.

"Kita dua lokasi melakukan penangkapan," Hendy menandaskan.

Kedua pelaku sendiri bernama Baek Jongwoon (40) dan Sea Songwoon (38).

Baek Jongwoon ditangkap di hotel kawasan Sudirman, Jakarta Pusat bersama dengan satu anak laki-laki. Sementara korban juga berada di lokasi tersebut dan berhasil diselamatkan.

Sementara Sae Song Won diamankan di Bandara Soekarno Hatta. Dia dengan dua anak perempuannya diduga hendak kembali ke Korea Selatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Laporan Utusan Kedubes

Sebelumnya, utusan Kedubes Korsel melaporkan adanya tindak pidana penculikan anak yang menimpa warganya ke Polda Metro Jaya pada Rabu, 1 November 2017 sekitar pukul 15.00 WIB.

Polisi langsung merespons laporan dan menerjunkan personelnya ke lapangan.

Tak butuh waktu lama, polisi berhasil mengidentifikasi pelaku dan keberadaannya. Polisi akhirnya berhasil meringkus dua penjahat tersebut dan menyelamatkan korbannya.

Saksikan video di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.