Sukses

Jusuf Kalla: Apa Itu Alexis?

Anies Baswedan mengatakan punya bukti kuat untuk tidak memberi izin usaha hotel dan griya pijat Alexis.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla sempat kebingungan ketika ditanya soal penutupan Hotel Alexis. Rupanya, JK tak tahu soal hotel dan tempat spa yang mendapat stigma negatif dari masyarakat itu.

"Apa itu Alexis?" tanya JK di kantornya, Jakarta, Selasa (31/10/2017).

Awak media pun langsung menjelaskan kepada JK bahwa Alexis adalah hotel dan tempat spa yang baru saja tutup lantaran izin usahanya tak diproses oleh Pemprov DKI Jakarta. Penutupan itu karena ada temuan bahwa tempat itu digunakan untuk praktik prostitusi.

"Kau tahu itu," ujar JK seraya tertawa.

Namun, JK enggan berkomentar lebih jauh tentang penutupan Alexis. Dirinya menyerahkan sepenuhnya ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Ya itu kita tanya sama Gubernur DKI," pungkas JK.

Anies Baswedan sendiri mengatakan punya bukti kuat untuk tidak memberi izin usaha hotel dan griya pijat Alexis. Hal itu ia ungkapkan saat menghadiri apel pembubaran pasukan pengamanan Pilkada DKI di Mapolda Metro Jaya.

"Ada temuan-temuan di lapangan. Dan juga laporan yang diterima kemudian jadi bahan pertimbangan mengapa izin tidak diberikan," katanya, Selasa (31/10/2017).

Namun, ia tidak merinci lebih lanjut bukti yang dimaksud. Menurut Anies, pembuktiannya berbeda dengan kasus lain.

Mantan Menteri Pendidikan itu mencontohkan bangunan yang melanggar. Bangunan yang menyalahi aturan, kata dia, dengan mudah bisa diambil gambarnya.

"Masa (Alexis) ini fotonya kita tunjukin? Bagaimana coba? Karena itu kita sampaikan ada bukti-buktinya semua, itu menjadi bagian dari pertimbangan," Anies berujar.

Surat kepastian tidak memperpanjang izin Alexis diteken, Jumat (27 Oktober 2017) lalu. Anies menegaskan status Alexis tidak lagi bisa beroperasi sejak surat ditandatangani.

Ia menegaskan akan mengeksekusi putusan itu. Selain itu, Pemprov DKi juga akan melakukan pengawasan. "Kita pastikan tidak ada kegiatan. Kami pastikan di hari-hari ke depan, semua aturan ditegakkan," lanjut Anies.

Anies memastikan Pemprov DKI tidak akan pandang bulu menegakkan aturan.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.