Sudirman Said Mantap Maju di Pilkada Jawa Tengah

Oleh Putu Merta Surya Putra pada 27 Okt 2017, 08:55 WIB
Diperbarui 27 Okt 2017, 08:55 WIB
Sudirman Said Serahkan Hasil Kerja Tim Sinkronisasi
Perbesar
Gubernur terpilih DKI Jakarta, Anies Baswedan berbincang dengan Ketua Tim Sinkronisasi Sudirman Said ketika penyerahan laporan hasil kerja tim sinkronisasi di Jakarta, Jumat (13/10). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Menteri ESDM Sudirman Said kian mantap maju di Pilkada Jawa Tengah 2018. Dia menuturkan sudah empat bulan keliling Jawa Tengah untuk memperkenalkan diri.

"Insyaalah memberi satu optimisme bahwa Jawa Tengah membutuhkan perubahan," ucap Sudirman di Istana Wakil Presiden RI, Kamis, 26 Oktober 2017.

Dia mengatakan sudah ada tiga partai yang menjalin komunikasi baik dengannya. Hal ini lantaran dia kerap membantu Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dalam Pilgub DKI.

Sudriman menyebut partai-partai itu adalah Gerindra dan PKS. Satu lagi yang merapat belakangan PAN. 

"Tiga partai ini secara publik di Jawa Tengah sudah menyampaikan mempertimbangkan kemungkinan mencalonkan saya," ungkap Sudirman.

Sudirman pun yakin bisa mengalahkan calon petahana Ganjar Pranowo di Jawa Tengah. Ia mengaku Ganjar punya kans besar. 

Ia menyatakan punya modal pembaruan. Pilkada, lanjut dia, bukan untuk menapak tilas kepemimpinan lima tahun ke belakang. 

"Jadi tergantung masyarakatnya seperti apa. Kalau mau bertahan pasti inkumben jalan terus, kalau mau pembaruan Insyaallah ada orang-orang baru muncul. Saya tangkap semangat pembaruan muncul di mana-mana," tutur Sudirman.

Saksikan video di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Bantah Tiru Anies

Sudirman membantah langkahnya untuk maju di Pilkada Jawa Tengah itu lantaran meniru Anies Baswedan. Keduanya juga sama-sama pernah menjadi menteri era Presiden Joko Widodo.

"Enggak begitu, kebetulan kita sama-sama aktivis kan jadi selesai bertugas, ya kita mencari kegiatan lain, sarana melayani publik dan tidak harus jadi gubernur, kan semua yang mungkin kita kerjakan. Kalau kebetulan Jawa tengah membutuhkan ya kita kerjakan juga," kata Sudirman.

Meski demikian, Sudirman meminta didoakan agar dapat mengikuti jejak Anies Baswedan yang menang melawan petahana. "Doakan saja," ucap pria yang akrab disapa Dirman itu.

Sudirman pun meminta saran kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla terkait pencalonannya sebagai Gubernur Jawa Tengah.

"Ya kita kan sudah lama ya berhubungan dengan Pak Wapres dan beliau orang senior banyak sekali nasihatnyalah," kata dia.

 

Lanjutkan Membaca ↓