Sukses

Warga Cireundeu Rayakan Tahun Baru dengan Ritual

Perayaan pergantian tahun dilakukan dengan beragam cara. Warga kampung adat Cireundeu di Cimahi, Jabar, merayakannya dengan sejumlah ritual dan hiburan tradisional.

Liputan6.com, Cimahi: Warga kampung adat Cireundeu, Cimahi, Jawa Barat, belum lama ini, merayakan tahun baru dengan sejumlah ritual dan hiburan tradisional. Mulai dari anak-anak hingga orang tua ikut serta dalam rangkaian ritual itu.

Sebagai ungkapan rasa syukur mereka mempersembahkan hasil bumi, seperti buah-buahan dan umbi-umbian kepada perangkat desa dan muspika setempat. Dan sebagai penghormatan mereka juga melakukan sungkeman kepada para tetua adat.

Tak ketinggalan sejumlah kesenian tradisional Sunda yang semakin langka, seperti angklung buhun, dog-dog lojor, dan celempung juga ditampilkan dalam acara ini. Tak hanya warga Cireundeu, dalam acara ini dilibatkan pula warga suku Baduy dan suku Dayak Losarang, Indramayu.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini